Pengertian, Manfaat, Dan Ruang Lingkup Akuntansi

Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris 'accountancy' atau 'accounting' atau 'to account' yang berarti menghitungkan. Yang lalu diserap dalam bahasa Indonesia menjadi 'akuntansi' yang berarti sebuah acara atau proses pengindentifikasian, mengklarifikasi, mencatat, mengolah serta menyajikan data yang bekerjasama dengan keuangan dan juga transaksi supaya gampang dipahami dalam mengambil keputusan yang tepat.

Berbicara perihal akuntansi yang terbayang ialah deretan angka-angka dan hitungan-hitungan transaksi yang ribet. Akuntansi memang berkaitan dengan perhitungan dan angka-angka yang merupakan bentuk laporan keuangan perusahaan. Dalam suatu perusahaan, laporan keuangan sanggup dijadikan sebagai materi untuk pengambilan keputusan perihal planning kerja dan sasaran perusahaan di masa yang akan datang.

Pengertian Akuntansi. Pengertian akuntansi sanggup ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu :
  1. dari pengguna jasa akuntansi, pengertian akuntansi ialah suatu acara jasa yang menyediakan info yang diharapkan untuk melakukan kegiatan secara efektif dan efisien serta mengevaluasi transaksi yang bersifat keuangan (finansial) atau kegiatan suatu perusahaan.
  2. dari proses kegiatan, pengertian akuntansi ialah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, serta penganalisaan data keuangan suatu perusahaan/entitas.

Selain pengertian tersebut, pengertian akuntansi juga telah banyak dikemukakan oleh para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Rudianto.
Akuntansi ialah sistem info yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai acara ekonomi atau kondisi suatu tubuh usaha.

2. Dr. M. Gede.
Akuntansi ialah suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus berdasarkan hukum dan sistemnya, pengolahannya dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan  maupun forum terhadap kinerjanya.

3. Suparwoto L.
Akuntansi ialah suatu sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memperlihatkan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk info kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan.

4. Winarno.
Akuntansi ialah proses pencatatan, pengukuran, dan penyampaian-penyampaian info ekonomi supaya sanggup digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.

5. Sophar Lumbantoruan.
Akuntansi ialah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis di mana info yang dsampaikan hanya bisa dipahami bila mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

6. Sunyanto.
Akuntansi ialah suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian/pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran akhirnya guna pengambilan keputusan.

7. Littleton.
Akuntansi ialah acara yang bertujuan untuk melakukan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai tumpuan dalam mempelajari akuntansi.

8. George A Mac Farland.
Akuntansi ialah suatu seni pencatatan, penggolongan, penyajian serta penafsiran yang dilakukan secara sistematis dari info data keuangan perusahaan atau perseorangan.

9. Donald E. Kieso.
Akuntansi ialah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan oleh baik pihak-pihak intenal maupun pihak eksternal.

10. Warren Reeve.
Akuntansi ialah sistem info yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai acara ekonomi dan kondisi perusahaan.

11. Arnold.
Akuntansi ialah suatu sistem untuk memperlihatkan info (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus menciptakan keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

12. C. West Churman.
Akuntansi ialah pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

13. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison.
Akuntansi ialah sistem info yang mengukur acara bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan akhirnya kepada para pengambil keputusan.

14. Bodnar dan Hopwood.
Akuntansi ialah suatu sistem informasi, mengidentifikasi, mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan info ekonomi mengenai suatu entitas ke banyak sekali kelompok orang.

15. Niswonger, Fess, dan Warren.
Akuntansi ialah sebagai suatu perputaran atau proses kegiatan operasional dalam mengenali, mengukur, dan mengkomunikasikan  info ekonomi (keuangan) dalam perusahaan supaya perusahaan tersebut mendapat pertimbangan dan keputusan yang terang dan sempurna bagi pemakai info yang bersangkutan.

Pengertian akuntansi juga sanggup ditemukan dalam :

1. American Accounting Assosiation (AAA).
Akuntansi ialah suatu proses memilih, mengukur, serta melaporkan info ekonomi guna memungkinkan adanya penilaian serta pengambilan keputusan yang je;as dan juga tegas bagi mereka yang memakai info itu.

2. Standard of The Accounting Principle Board.
Akuntansi ialah suatu acara jasa yang diperuntukkan dalam menyiapkan info berkaitan dengan keuangan di masa mendatang yang memakai metode secara kuantitatif, di dalamnya terdapat kondisi riil/nyata dari perusahaan itu secara ekonomi, pengambilan keputusan dalam ekonomi, selanjutnya menciptakan macam-macam pilihan alternatif yang rasional untuk dilaksanakan.

3. American Institute of Certified Public Accounting (AICPA).
Akuntansi ialah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

4. Kementerian Keuangan.
Akuntansi ialah suatu proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengklasifikasian dan pelaporan transaksi keuangan dari suatu keastuan ekonomi untuk menyediakan info keuangan bagi para pemakai laporan untuk pengambilan keputusan.

Dari banyak sekali pengertian akuntasi tersebut diatas, sanggup ditarik suatu benang merah, bahwa akuntansi merupakan suatu kegiatan yang komplek, yang menyangkut banyak sekali kegiatan, beberapa kegiatan akuntansi tersebut ialah :
  • mengidentifikasi data yang berkaitan atau relevan dengan pengambilan keputusan.
  • memproses dan menganalisis data yang relevan.
  • mengubah data menjadi sebuah susunan info yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan.
  • mengkomunikasikan semua info akuntasi di dalam laporan keuangan pada para pengguna laporan keuangan dan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut, baik untuk pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan.

Manfaat Akuntansi. Manfaat akuntansi meliputi :
  • Memberikan info keuangan sebagai dasar menciptakan keputusan manajeial.
  • Memberikan informasi/laporan kepada pihak eksternal.
  • Sebagai alat kontrol dan pengendalian keuangan.
  • Sebagai alat penilaian perusahaan.
  • Menjadi dasar dalam mengalokasikan sumber daya.

Ruang Lingkup Akuntansi. Ruang lingkup akuntansi secara sederhana meliputi sebagai berikut :
  • Akuntansi keuangan, yang bekerjasama dengan problem pencatatan transaksi suatu perusahaan dan penyusunan banyak sekali laporan keuangan secara berkala.
  • Akuntansi biaya, yang menekankan pada penentuan dan pengendalian biaya selama proses produksi dan harga pokok dari barang yang selesai produksi.
  • Akuntansi manajemen, yang memakai biaya histori taksiran guna membantu administrasi di dalam  menjalankan kegiatan dan perencanaan.
  • Akuntansi perpajakan, yang menekankan pada penyusunan laporan keuangan berdasarkan peraturan perpajakan dan perencanaan transaksi dengan mempertimbangkan imbas pembayaran pajak (perencanaan perpajakan atau tax planning).
  • Sistem akuntansi, yang menyangkut maslah perancangan prosedur, metode, dan teknik untuk mencatat dan mengolah transaksi perusahaan.
  • Akuntansi pemerintahan, yang menekankan pada pencatatan dan pelaporan transaksi dari forum pemerintah dengan peraturan yang mengikat lembaga-lembaga tersebut.

Semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Dan Ruang Lingkup Akuntansi"

Post a Comment