Arti Pentingnya Serta Target Pengawasan Melekat

Maka dari pengertian tersebut di atas dapPengawasan menempel bahwasanya sama dengan pengawasan atasan langsung. Tetapi, ditinjau dari segi teori dan juga dalam praktek, bahwasanya kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang tidak sama. Pengawasan menempel memiliki pengertian yang lebih luas dari pengawasan atasan langsung.

Pengawasan atasan pribadi selalu menempel pada setiap jabatan pimpinan, maka sistem pengendalian manajemen selalu menempel pada setiap organisasi dan manajemen. Oleh alasannya itu, ibarat halnya pengawasan atasan pribadi maka sistem pengendalian manajemen juga termasuk dalam pengertian pengawasan melekat. 

Perbandingan antara pengertian pengendalian, pengawasan atasan langsung, dan pengawasan menempel yaitu sebagai berikut :

  • Pengendalian adalah segala perjuangan atau acara untuk mengendalikan atau manajemen dan mengerahkan semoga sesuatu kiprah atau pekerjaan berjalan dengan semestinya. 
  • Pengawasan atasan pribadi adalah berupa tindakan ataukegiatan atau perjuangan untuk mengawasi dan mengndalikan anak buah secara langsung, yang harus dilakukan sendiri oleh setiap pimpinan organisasi. 
  • Pengawasan menempel merupakan pengawasan yang otomatis timbul pada dikala melaksanakan tindakan dalam melaksanakan tanggung jawab seorang pejabat atau petugas di dalam suatu sistem pengendalian manajemen.

Dari pengertian tersebut di atas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa pengawasan atasan pribadi tidak lain yaitu pengendalian itu sendiri. Sedangkan pengawasan menempel mencakup pengawasan atasan pribadi dan sistem pengendalian manajemen. Dengan adanya pengawasan menempel diperlukan sanggup mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan yang telah ditentukan dalam kerangka sistem pengendalian manajemen, sehingga daya kerjanya bersifat pencegahan atau preventif. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengawasan menempel adalah proses pemantauan, pemeriksaan, dan penilaian yang dilakukan secara efektif dan efisien oleh pimpinan unit atau atasan organisasi kerja terhadap seluruh sumber kerja untuk mengetahui aneka macam kekurangan dan kelemahan, supaya sanggup diperbaiki atau diusulkan untuk diperbaiki oleh pimpinan yang berwenang pada jenjang yang lebih tinggi demi tercapainya tujuan yang sudah dirumuskan sebelumnya.

Dalam pelaksanaan acara satuan organisasi manajemen pemerintahan pada umumnya, maka setiap atasan memikul kewajiban untuk melaksanakan pengawasan terhadap bawahannya, yaitu dalam menjalankan fungsi pengawasan melekat. Fungsi pengawasan menempel juga dilakukan pejabat yang memiliki kiprah pengawasan yang menempel pada fungsinya. Pengawasan menempel juga berlaku bagi atasan pribadi pimpinan proyek dan pimpinan proyek pada bawahannya. Pada pokoknya pengawasan atasan pribadi yang dilaksanakan dengan menjalankan pengawasan menempel merupakan fungsi manajemen seorang manajer atau seorang pimpinan yang harus dilakukan di samping perencanaan dan pelaksanaan.

Pengawasan menempel dimaksudkan semoga tujuan dan target acara perjuangan unit-unit pemerintahan sanggup tercapai secara berdaya guna dan berhasil guna, dilaksanakan sesuai dengan kiprah pokok, fungsi, planning atau programnya, pembagian dan pendelagasian tugas, rumusan kerja, anutan pelaksanaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pengawasan bertujuan mendukung kelancaran dan ketepatan pelaksanaan acara pemerintah dan pembangunan. Tujuan tersebut merupakan juga tujuan dari pengawasan melekat. Sedangkan sasaran pengawasan menempel adalah :
  • Meningkatkan disiplin serta prestasi kerja dan pencapaian target pelaksanaan tugas.
  • Menekankan sampai sekecil mungkin penyalahgunaan wewenang.
  • Menekan sampai sekecil mungkin kebocoran dana serta pemborosan keuangan negara dan segala bentuk pungutan liar atau pungutan diluar wewenang.
  • Mempercepat penyelesaian perijinan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
  • Mempercepat pengurusan kepegawaian sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan diadakannya pengawasan menempel diusahakan sanggup terhindar dari penyimpangan pelaksanaan, penyalahgunaan wewenang, kebocoran dan pemborosan. Selain itu dengan adanya pengawasan menempel sanggup membuat kondisi dan situasi yang mendukung kelancaran dan ketetapan pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan, planning dan akal serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dilakukan oleh pimpinan organisasi.

Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Pentingnya Serta Target Pengawasan Melekat"

Post a Comment