Pengertian Perawat Dan Keperawatan, Serta Ilmu Keperawatan

Istilah perawat yang dalam bahasa Inggris disebut dengan 'nurse' berasal dari bahasa Latin yaitu 'Nutrix' yang berarti merawat atau memelihara. Perawat dahulu diartikan dalam pengertian yang sempit, yaitu orang yang mengasuh dan merawat orang lain yang mengalami masalah kesehatan

Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan jaman, pengertian perawat semakin meluas. Sekarang pengertian perawat merujuk pada posisinya sebagai bab dari tenaga kesehatan yang memperlihatkan pelayanan kepada masyarakat secara profesional. Untuk menjadi seorang perawat yang profesional, seseorang diharuskan berguru perihal ilmu keperawatan dengan menempuh dan menuntaskan jenjang  pendidikan minimal Diploma III atau Sarjana Strata 1, baik di dalam maupun di luar negeri, yang acara pendidikannya sesuai dengan standar keperawatan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

Pengertian Perawat.  Perawat sanggup diartikan sebagai tenaga profesional yang memiliki kemampuan, tanggung jawab, dan kewenangan dalam melaksanakan dan memperlihatkan perawatan kepada pasien yang mengalami duduk kasus kesehatan. Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Nomor : 38 Tahun 2014 perihal Keperawatan, yang dimaksud dengan perawat yaitu seseorang yang telah lulus pendidikan tinggi keperawatan, baik di dalam maupun di luar negeri, yang diakui oleh pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain pengertian tersebut diatas, para jago juga mengemukakan pendapatnya perihal apa yang dimaksud dengan perawat, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Robert Priharjo.
Perawat yaitu salah satu tenaga tim kesehatan yang memiliki waktu paling usang dan sanggup mengadakan kontak dengan pasien.

2. Ns. Asmadi.
Perawat yaitu tenaga kesehatan yang paling sering dan paling usang berinteraksi dengan klien., sehingga perawat yaitu pihak yang paling mengetahui perkembangan kondisi kesehatan klien secara menyeluruh dan bertanggung jawab atas klien. Perawat merupakan penolong utama klien dalam melaksanakan acara penting guna memelihara dan memulihkan kesehatan klien atau mencapai selesai hidup yang damai.

3. Achir Yani S. Hamid.
Perawat yaitu orang pertama dan secara konsisten selama 24 jam sehari menjalin kontak dengan pasien, perawat sangat berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan spiritual pasien.

4. Virginia Henderson.
Perawat yaitu seseorang yang membantu individu baik yang sehat maupun yang sakit, dari lahir sampai meninggal biar sanggup melaksanakan acara sehari-hari secara mandiri, dengan memakai kekuatan, kemauan, atau pengetahuan yang dimiliki. 

5. Harlley.
Perawat yaitu seseorang yang berperan dalam merawat dan memelihara, membantu dan melindungi seseorang alasannya yaitu sakit, injury, dan proses penuaan.

6. Taylor C. Lilis C. Lemone.
Perawat yaitu seseorang yang berperan dalam merawat dan membantu seseorang dengan melindunginya dari sakit, luka, dan proses penuaan. 

7. George Pickett dan John J. Hanlon.
Perawat yaitu profesional dan teknisi tingkat tinggi yang memperlihatkan perawatan intensif bagi pasien yang sakit parah.

Selain itu, pengetian perawat juga sanggup ditemukan di dalam :

1. Internasional Council of Nursing.
Perawat yaitu seseorang yang telah menuntaskan acara pendidikan keperawatan, berwenang di negara yang bersangkutan untuk memperlihatkan pelayanan dan bertanggung jawab dalam peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit serta pelayanan terhadap pasien. 

2. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Perawat profesional yaitu perawat yang bertanggung jawab dan berwenang memperlihatkan pelayanan keperawatan  secara berdikari dan atau berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain sesuai sesuai dengan kewenangannya.

Selain istilah perawat profesional dikenal juga istilah perawat vokasional, yaitu seseorang yang telah lulus pendidikan Diploma III Keperawatan dan Sekolah Perawat Kesehatan yang terakreditasi dan diakui oleh pejabat yang berwenang.

Pengertian Keperawatan. Pada dasarnya keperawatan merupakan tindakan atau acara yang berkaitan dengan memelihara dan merawat seseorang yang dilakukan oleh seorang perawat. Menurut Undang-Undang Nomor : 38 tahun 2014 perihal Keperawatan, yang dimaksud dengan keperawatan yaitu kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Sedangkan para jago beropini bahwa yang dimaksud dengan keperawatan diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Virginia Henderson.
Keperawatan yaitu upaya membantu individu baik yang sehat maupun yang sakit untuk memakai kekuatan, impian dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga individu tersebut bisa melaksanakan acara sehari-hari, sembuh dari penyakit atau meninggal dunia dengan tenang. 

2. Florence Nightingale.
Keperawatan yaitu suatu proses menempatkan pasien dalam kondisi paling baik untuk beraktivitas.

3. Martha Roger.
Keperawatan yaitu pengetahuan yang ditujukan untuk mengurangi kecemasan terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan dan rehabilitasi penderita sakit serta penyandang cacat.

4. Callista Roy.
Keperawatan yaitu disiplin ilmu yang berorientasi kepada praktek keperawatan berdasarkan ilmu keperawatan, yang ditujukan untuk memperlihatkan pelayanan kepada klien.

5. Dorothea Orem.
Keperawatan yaitu proses agresi dan interaksi untuk membantu individu dari banyak sekali kelompok umur dalam memenuhi kebutuhannya dan menangani status kesehatan mereka pada ketika tertentu dalam suatu siklus kehidupan. 

6. Imogene King.
Keperawatan yaitu suatu profesi yang memperlihatkan pemberian pada individu dan kelompok untuk mencapai, memelihara, dan mempertahankan derajat kesehatan dengan memperhatikan, memikirkan, menghubungkan, memilih dan melaksanakan tindakan perawatan  sehingga individu atau kelompok berperilaku yang sesuai dengan kondisi keperawatan.

7. Betty Newman.
Keperawatan yaitu suatu profesi yang unik dengan memperhatikan seluruh faktor-faktor yang mempengaruhi respon individu terhadap stres, tekanan intra, inter dan ekstra personal.

8. Abdellah Faye.
Keperawatan yaitu seni ilmu dalam memperlihatkan pelayanan kepada individu, keluarga, dan masyarakat.

9. Peplau.
Keperawatan yaitu suatu hasil proses kerja sama insan dengan insan lainnya supaya menjadi sehat atau tetap sehat.

10. Jean Watson.
Keperawatan yaitu filsafat dalam perjuangan merawat untuk memberi definisi hasil tindakan keperwatan dengan memperhatikan aspek humanistik dalam kehidupan.

11. Levine.
Keperawatan yaitu bab budaya yang direfleksikan dengan ide-ide dan nilai-nilai, di mana perawat memandang insan itu sama, merupakan suatu rangkaian disiplin dalam menguasai organisasi atau kumpulan yang dimiliki individu dalam menjalin kekerabatan insan sekitarnya.
Sedangkan dalam  Lokakarya Keperawatan, mengartikan keperawatan sebagai :
  • pelayanan profesional yang merupakan bab integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosial-spiritual yang menyeluruh ditunjukkan kepada individu, kelompok dan masyarakat baik sehat maupun sakit yang meliputi seluruh proses kehidupan manusia.

Ilmu Keperawatan. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk menjadi perawat, seseorang harus berguru dan menguasai ilmu keperawatan. Apa yang dimaksud dengan ilmu keperawatan itu ? Ilmu keperawatan yaitu ilmu yang mempelajari segala hal perihal cara merawat seseorang. Sebagai suatu disiplin ilmu, keperawatan telah banyak menerapkan dan mempelajari :
  • ilmu-ilmu dasar menyerupai ilmu perilaku, sosial, fisika, biomedik, dan lain sebagainya. 
  • pengetahuan inti, yang menunjang praktek keperawatan yaitu fungsi badan insan yang berkaitan dengan sehat dan sakityt serta pokok bahasan pemberian asuhan keperawatan secara pribadi kepada pasien.

Ruang Lingkup Ilmu Keperawatan. Dari uraian tersebut dapatlah dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu keperawatan yaitu meliputi ilmu-ilmu dasar menyerupai ilmu alam, ilmu sosial, ilmu dasar keperawatan, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu aplikatif menyerupai ilmu perilaku, ilmu biomedik, dan lain-lain.

Ilmu keperawatan memakai pendekatan dan metode penyelesaian  duduk kasus secara ilmiah, yang ditujukan untuk mempertahankan, memelihara, menopang, dan meningkatkan integritas seluruh kebutuhan dasar manusia. Keperawatan disebut sains, alasannya yaitu melalui proses observasi, eksperimen, dan sanggup dipertanggung-jawabkan keilmuannya dalam pelaksanaan praktek keperawatan itu sendiri.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Perawat Dan Keperawatan, Serta Ilmu Keperawatan"

Post a Comment