Pengertian Penelitian

Apa yang ada dibayangan kita kalau mendengar kata penelitian ? Waktu kecil dulu, kalau mendengar kata penilitian, yang ada dalam bayangan saya ialah hal-hal yang bekerjasama dengan laboratorium, pakaian putih, peralatan-peralatan absurd dan rumit, bahan-bahan kimia, termasuk juga tikus-tikus putih. 

Ternyata penilitian tidak sepuhnya menyerupai itu. Saat seseorang mengamati sebuah batu, bisa jadi itu juga merupakan bab dari penelitian. Apalagi dalam pengamatannya tersebut disertai dengan metodologi tertentu, dan disertai dengan suatu hipotesa serta suatu kesimpulan tertentu. Pastilah yang dilakukan seseorang tersebut ialah suatu bentuk penelitian.

Jadi, apa yang dimaksud dengan penelitian ? Banyak hebat yang telah mengemukakan pendapatnya perihal apa yang dimaksud dengan penilitian itu. Di antara para hebat tersebut ialah sebagai berikut :

1. Soerjono Soekamto.
Penelitian ialah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis serta konstruksi yang dilakukan dengan secara sistematis, metodologis, dan juga konsisten secara bertujuan untuk sanggup mengungkapkan kebenaran ialah sebagai salah satu menifestasi keiingan insan untuk sanggup mengetahui mengenai apa yang sedang dihadapinya.

2. Sutrisno Hadi.
Penelitian ialah perjuangan untuk di dalam menemukan segala sesuatu untuk dpat mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, dan menggali lebih mendalam apa yang sudah ada, membuatkan serta memperluas, dan juga menguji kebenaran dari apa yang sudah ada namun kebenarannya itu masih diragukan.

3. Sanapiah Faisal.
Penelitian ialah suatu acara di dalam menelaah suatu problem ialah dengan memakai metode ilmiah dengan secara tertata serta sistematis untuk sanggup menemukan pengetahuan gres yang sanggup mendapatkan amanah kebenarannya perihal dunia alam serta juga dunia sosial.

4. Winarno Surachmad.
Penelitian ialah kegiatan ilmiah mengumpulkan pengetahuan gres dari sumber-sumber primer, dengan tekanan tujuan pada inovasi prinsip-prinsip umum, serta mengadakan ramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki.

5. Donald Ary.
Penelitian ialah suatu penerapan dari pendekatan ilmiah di suatu pengkajian persoalan di dalam memperoleh suatu gosip yang mempunyai kegunaan serta hasil yang didapat itu bisa dipertanggunhjawabkan.

6. Marzuki.
Penelitian ialah suatu perjuangan untuk mengumpulkan, mencari, dan menganalisis fakta-fakta mengenai suatu masalah.

7. J. Suprapto.
Penelitian ialah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, dan sistematis.

8. Mohammad Ali.
Penelitian ialah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau perjuangan mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan persoalan itu, yag dilakukan secara hati-hati sekali sehingga doperoleh pemecahannya.

9. Suparmoko.
Penelitian ialah bisnis yang sengaja diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta gres serta distribusi keinginan insan untuk tahu.

10. Indriantoro dan Supomo
Penelitian ialah refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam.

11. Hamidi.
Penelitian ialah acara keilmuan yang dilakukan alasannya ialah ada kegunaan yang ingin dicapai, baik untuk meningkatkan kualitas kehidupan insan maupun untuk membuatkan ilmu pengetahuan.

12. Emzir.
Penelitian ialah suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan maslah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah.

13. John.
Penelitian ialah pencarian fakta dengan metode obyektif yang terperinci di dalam menemukan kekerabatan di antara fakta serta menghasilkan aturan tertentu.

14. Hill Way.
Penelitian ialah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang sanggup dipercaya dari suatu persoalan tertentu dalam upaya menciptakan pemecahan persoalan tersebut.

15. Woody.
Penelitian ialah suatu metode untuk sanggup menemukan suatu fatwa yang kritis. Penelitian mencakup derma definisi atau redefinisi  terhadap suatu maslah, dam menciptakan formulasi hipotesis atau mengadakan suatu uji coba yang harus sangat hati-hati atas semua kesimpulan yang diambil di dalam menemukan apakah kesimpulan itu sesuai dengan hipotesis.

16. Parson.
Penelitian ialah suatu pencarian dari segala sesuatu yang dilakukan dengan secara sistematis, yang dengan pementingan bahwa pencariannya itu dilakukan pada suatu masalah-masalah yang bisa dipecahlan dengan penelitian.

17. David H. Penny.
Penelitian ialah fatwa yang sistematis mengenai aneka macam jenis persoalan yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.

18. Tuckman.
Penelitian ialah suatu perjuangan yang sistematis untuk menemukan balasan ilmiah terhadap suatu masalah. Sistematis maksudnya mengikuti mekanisme atau langkah-langkah tertentu. Jawaban ilmiah maksudnya rumusan pengetahuan, generalisasi, baik berupa teori, prinsip baik yang bersifat absurd maupun konkret yang dirumuskan melalui alat primernya, yaitu empiris dan analisis. Penelitian bekerja atas dasar asumsi, teknik, dan metode.

19. Fellin, Tripodi, dan Meyer.
Penelitian ialah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, emodifikasi, dan membuatkan pengetahuan yang sanggup disampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverivikasi) oleh peneliti. 

20. Fred N. Kerlinger.
Penelitian ialah pemeriksaan yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis dari suatu proposisihipotesis mengenai kekerabatan tertentu antar fenomena.

21. Dewey.
Penelitian ialah transformasi yang terkendalikan atau terararh dari suatu situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyatan yang ada padanya dan hubungannya, menyerupai mengubah unsure dari situasi orisinal menjadi keseluruhan yang terpadu.

Selain pendapat dari para hebat tersebut di atas, pengertian penelitian juga bisa ditemukan pada :

1. Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.
Penelitian ialah kolaborasi ilmiah untuk membuatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka memperoleh informasi/temuan/produk gres melalui metodologi yang berkaitan erat dengan satu atau beberapa disiplin ilmu.

2. The New Horison Ladder Dictionary.
Research is a careful study to discover correct information. (Penelitian ialah suatu penyelidikan  yang dilakukan secara hati-hati untuk memperoleh gosip yang benar).

3. Webster New International Dictionary.
Penelitian ialah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip ; satu penyelidikan yang amat pandai untuk tetapkan sesuatu.

4. The Advanced Learner's Dictionary of Current English.
Penelitian ialah penyelidikan atau pencarian yang seksama untuk memperoleh fakta gres dalam cabang ilmu pengetahuan.

5. Encyclopedia Britannica.
Penelitian dasar merupakan pekerjaan ilmuwan atau orang yang melaksanakan penelitian tanpa adanya tujuan khusus selain dari membuka diam-diam alam.

Dalam melaksanakan suatu penelitian, seorang peneliti harus mempunyai perilaku :
  • Obyektif. Seorang peneliti harus sanggup memisahkan antara pendapat langsung dengan kenyataan atau fakta yang ada.
  • Kompeten. Seorang peneliti yang baik harus mempunyai kemampuan untuk sanggup melaksanakan penelitian dengan memakai metode serta teknik penelitian tertentu.
  • Faktual. Seorang peneliti harus melaksanakan studi menurut fakta atau kenyataan yang diperoleh, bukan berdasarkan  harapan, obsesi atau angan-angan yang sifatnya abstrak.

Fokus perhatian dalam suatu penelitian ialah masalah, persoalan yang muncul dalam pikiran peneliti menurut penelaahan situasi yang mencurigai (a perplexing situation). Masalah ialah titik sentral dari keseluruhan penelitian

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Penelitian"

Post a Comment