Seputar Renovasi Rumah

Bagi banyak orang renovasi sering diartikan sebagai penambahan atau pengembangan ruangan, serta untuk lebih mempercantik tampilan rumah. Melakukan renovasi yakni salah satu cara untuk mendapat nuansa gres atau untuk memenuhi kebutuhan keluarga dalam hal rumah tinggal.

Banyak alasan untuk melaksanakan renovasi rumah tempat tinggal, dari banyaknya alasan merenovasi rumah tersebut, beberapa renovasi yang umum dilakukan oleh sebab :
  • Adanya penambahan atau pengurangan anggota keluarga. 
  • Meningkatnya penghasilan keluarga.
  • Adanya promosi atau kenaikan jabatan dalam pekerjaan. Dengan kenaikan jabatan yang diterimanya, biasanya orang akan menyesuaikan kondisi rumah dengan lingkungan pergaulan baru.
  • Pertambahan usia. Semakin bertambahnya usia seseorang, biasanya seseorang tersebut ingin mempunyai rumah yang sederhana, yang memudahkan untuk beraktivitas.
Pada umumnya alasan melaksanakan renovasi rumah hampir selalu bersifat rasional. 

Sedangkan bagian rumah yang paling sering direnovasi di antaranya yakni :
1. Tampak Luar.
Semakin bertambahnya usia rumah, rumah akan tampak lusuh dan kumuh. Hal inilah yang sering menciptakan banyak orang untuk merenovasi rumah. Cara paling praktis yakni dengan mencat ulang rumah dan menambah aksesoris rumah. Renovasi juga sanggup dilakukan dengan melaksanakan perubahan atas desain rumah sehingga tampak lebih modern dan tidak ketinggalan jaman.
2. Kamar Mandi.
Diakui atau tidak, kamar mandi ternyata sering menjadi penanda status seseorang. Karena semakin sejahtera dan meningkatnya status, seseorang akan semakin sering berinteraksi dengan pihak lain. Hal inilah yang menimbulkan kenapa kamar mandi termasuk belahan yang sering direnovasi, untuk diadaptasi dengan fungsi dan kelayakannya. Selain alasan tersebut, kamar mandi merupakan ruangan paling intim dalam keluarga, dan sanggup dipastikan kamar mandi yakni ruangan yang paling sering dimanfaatkan. Oleh karenanya, banyak orang menginginkan kamar mandi yang nyaman untuk kegiatan kesehariannya.
3. Dapur.
Ruangan lain yang termasuk sering direnovasi yakni dapur. Bagi sebagian orang, terutama kaum perempuan, dapur yakni belahan terpenting dan privat untuk kegiatan kesehariannya. Sehigga sebagian dari mereka menginginkan nuansa dapur yang nyaman.

Untuk melaksanakan renovasi, tentunya dibutuhkan suatu persiapan. Persiapan ini dilakukan di antaranya dengan tujuan semoga sempurna dalam penyediaan dana renovasi, rumah sesudah direnovasi benar-benar sesuai kebutuhan, dan rumah tetap punya harga jual kembali. 

Beberapa kiat untuk melaksanakan renovasi yang baik yakni sebagai berikut :
  • Pastikan struktur rumah menunjang untuk dilakukannya renovasi. Pastikan juga dengan renovasi akan meningkatkan fungsi dan manfaat rumah.
  • Berpikir dalam jangka waktu menengah dan melaksanakan perencanaan secara seksama. Yang dimaksud dalam jangka waktu menengah yakni dalam masa tuju tahun sampai delapan tahun. Pastikan betul dan pertimbangkan baik-baik, perubahan-perubahan apa saja yang mungkin akan terjadi dalam jangka waktu tersebut. 
  • Pastikan desain renovasi sesuai dengan tren jangka waktu menengah. Merenovasi rumah memang sanggup mengikuti selera pribadi, tetapi mengikuti tren juga penting untuk dipertimbangkan. Setidaknya kita sanggup mengkombinasikan antara selera eksklusif kita dengan model rumah yang sedang nge-tren ketika ini.
  • Memikirkan hal-hal yang kini tampaknya tidak penting. Hal ini perlu dilakukan, di antaranya untuk menghindari renovasi yang kedepannya justru malah menimbulkan turunnya harga rumah. Atau malah menciptakan tidak berfungsinya belahan yang telah direnovasi. Untuk amannya, usahakan hal-hal yang menjadi prinsip umum masyarakat dipertimbangkan ketika menciptakan perencanaan renovasi.

Renovasi rumah akan membutuhkan dana yang tidak sedikit, untuk itu kita mesti cermat dalam menyiapkan dana untuk kepentingan renovasi. Berikut langkah-langkah dalam menyiapkan dana untuk renovasi rumah :
  • Buatlah perencanaan terlebih dahulu, lengkap dengan gambarnya. Dengan demikian kita sanggup mengetahui sekaligus menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk renovasi tersebut.
  • Biasakan untuk menyisihkan uang atau menabung. Renovasi sekecil apapun niscaya membutuhkan biaya. Dengan menabung kita sudah mempersiapkan dana untuk persiapan renovasi rumah ibarat yang kita inginkan.
  • Kita juga sanggup memanfaatkan kemudahan kredit untuk renovasi dari pihak perbankan. Hanya saja yang perlu diperhatikan dalam pengajuan kemudahan kredit, kita mesti memperhitungkan dengan masak antara penghasilan dengan kewajiban angsuran setiap bulan yang harus dibayarkan.

Selain langkah-langkah tersebut, kita juga sanggup menekan biaya renovasi di antaranya dengan cara :
  • Mencari warta mengenai diskon barang-barang yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.
  • Manfaatkan barang-barang yang sudah ada.
  • Pertimbangkan untuk memesan barang-barang yang dibutuhkan. Seringkali harga barang tersebut lebih murah dibandingkan membeli barang yang sudah siap pakai.
Dalam dunia properti, dikenal dengan adanya siklus tujuh tahun. Siklus ini menunjukkan adanya perubahan-perubahan sesudah masa tujuh tahun. Misalnya saja dalam kurun waktu tujuh tahun ada pertambahan anggota keluarga, atau bawah umur yang tadinya masih kecil sudah beranjak dewasa. 

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Renovasi Rumah"

Post a Comment