Tugas Dan Tanggung Jawab Public Relations (Humas)

Kebutuhan akan keberadaan Public Relations (Humas) menjadi sangat penting di kala informasi menyerupai ketika ini. Dengan kemajuan teknologi menyerupai ketika ini, masyarakat dengan sangat bebas dan mudahnya  memperoleh informasi baik itu melalui media cetak, televisi, internet, atau melalui media informasi lainnya. Akan tetapi informasi yang didapatkan oleh masyarakat tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Dalam kaitannya dengan hasil produksi suatu organisasi/perusahaan, kondisi menyerupai itulah Public Relations (Humas) sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Jika demikian, apakah suatu organisasi/perusahaan akan mengalami kemunduran atau bahkan mengalami kebangkrutan kalau tidak mempunyai Public Relations (Humas)  ? Tentu saja jawabannya tidak. Akan tetapi dengan adanya Public Relations (Humas) akan memudahkan suatu organisasi/perusahaan untuk menjalin relasi komunikasi dengan masyarakatnya. Dengan begitu, organisasi/perusahaan akan dengan gampang dan efektif untuk meluruskan kesalahan informasi yang diterima oleh masyarakatnya, sekaligus memperlihatkan klarifikasi dan informasi yang benar wacana organisasi/perusahaannya berikut produk-produk yang dihasilkannya.

Public Reations (Humas) merupakan upaya yang direncanakan untuk menghipnotis opini masyarakat melalui kinerja tanggung jawab sosial, berdasarkan komunikasi dua arah yang saling memuaskan. Selain dengan masyarakatnya, Publik Relations (Humas) sanggup juga dipakai untuk membangun relasi dengan karyawan, pelanggan, investor, distributor, dan lain-lain yang terkait.


Public Relations (Humas) ialah kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun gambaran yang baik terhadap organisasi/perusahaan. Sehingga bagi organisasi/perusahaan, Public Relations (Humas) mempunyai manfaat, yang berdasarkan Philip Kotler ialah sebagai berikut :
  1. Membantu peluncuran produk baru.
  2. Membantu memposisikan kembali produk mapan.
  3. Membangun minat terhadap suatu kategori produk.
  4. Mempengaruhi suatu kelompok target tertentu.
  5. Membela produk yang terkena duduk kasus publik.
  6. Membangun gambaran perusahaan sehingga mendukung produknya.

Public Relations (Humas) merupakan penunjang tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu administrasi organisasi/perusahaan. Untuk itu Public Relations (Humas) mempunyai tugas-tugas yang harus dilaksanakannya dengan baik. Secara spesifik, kiprah Public Relations (Humas) tergantung dari bidang kegiatan/usaha dari organisasi/perusahaan di mana Public Relations (Humas) tersebut berada. Akan tetapi, secara umum kiprah utama dari Public Relations (Humas) ialah sebagai berikut :
  • Memberikan informasi, baik secara tertulis ataupun secara lesan, kepada masyarakat dengan menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers, dan organisasi terkait secara terbuka dalam suatu wawancara, konfrensi pers, maupun presentasi. 
  • Melakukan perencanaan strategis, memperlihatkan dan menyediakan data informasi wacana publisikasi, peluang promosi baru, dan kampanye, serta mengorganisir aktivitas promosi dalam bentuk menyerupai konfrensi pers, pameran, kunjungan, dan lain-lain.
  • Komisioning atau melaksanakan riset pasar yang relevan dan menganalisis liputan media.
  • Sebagai penghubung dengan klien, manajerial dan staf jurnalistik wacana anggaran, rentang waktu dan tujuan.

Sedangkan Foundation for Public Relations Research and Education, menyimpulkan bahwa Public Relations (Humas) ialah fungsi manajemen yang tugasnya ialah :
  • Membantu memelihara dan menjaga komunikasi, pengertian, penerimaan dan kolaborasi antara organisasi dan publiknya.
  • Mencakup administrasi duduk kasus dan isu-isu.
  • Membantu administrasi selalu memberkan informasi pada dan responsif terhadap opini publik.
  • Mendefinisikan dan menekankan pasa tanggung jawab administrasi untuk melayani kepentingan publik.
  • Membantu administrasi selalu mengikuti dan memanfaatkan perubahan.
  • Melayani sistem pencegahan awal untuk mengantisipasi tren.
  • Menggunakan riset dan teknik komunikasi yang beretika sebagai alat-alat pokok.

Dari hal-hal tersebut, maka dalam suatu organisasi/perusahaan Public Relations (Humas) mempunyai tanggung jawab untuk :
  • Memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan mendapatkan sebuah situasi.
  • Membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terjadwal dalam upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.

Sedangkan berdasarkan Basu Swastha DH, tanggung jawab Public Relations (Humas) ialah sebagai berikut :
  • Menciptakan relasi dengan kelompok dalam masyarakat dengan memelajari pandangan mereka, menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka, dan memperlihatkan informasi (edukasi).
  • Membuka jalur komunikasi dengan pelanggan, penyedia, distributor, pengecer, pemilik, forum atau instansi pemerintah, guru, dan pemimpin masyarakat.
  • Mempelajari konsekuensi ekonomi, lingkungan sosial yang kuat terhadap praktek-praktek organisasi serta mempelajari bagaimana meningkatkan pelayanan pada pelanggan, pemilik dan masyarakat.
  • Melakukan usaha-usaha untuk membantu dalam menuntaskan tujuan, kebijakan, tindakan, produk, dan aktivitas organisasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi di pasar.
  • Membantu seluruh anggota perusahaan dalam berbagi aktivitas informasi dan edukasi konsumen yang efektif.
  • Mengirimkan juru bicara ke sekolah, klub, kelompok-kelompok lain untuk melaksanakan dan mempertahankan obrolan secara terbuka dengan murid, mahasiswa, atau masyarakat pada umumnya.
  • Mendorong karyawan untuk ikut ambil potongan dalam kegiatan kemasyarakatan/kemanusiaan.
  • Menanggapi keluhan konsumen/masyarakat serta memperbaiki akibat-akibat yang mengakibatkan adanya keluhan tersebut.
  • Menunjukkan kepada masyarakat bahwa organisasinya selalu memperhatikan, menyesuaikan dan melaksanakan usaha-usaha untuk memperlihatkan kepuasan kepada masyarakat.
  • Menciptakan komunikasi dua arah dengan karyawan untuk mengetahui pendapat karyawan dan untuk mendorong karyawan memperlihatkan gambaran yang baik wacana organisasi kepada pihak lain.
  • Melayani setiap orang yang ingin berafiliasi dengan organisasi baik melalui person, telepon, ataupun korespondensi.

Untuk sanggup melaksanakan dengan baik kiprah dan tanggung jawabnya tersebut, Public Relations (Humas) sedapat mungkin mesti melaksanakan hal sebagai berikut yang merupakan kunci keberhasilan dari Public Relations (Humas), yaitu :
  • Kesengajaan. Kegiatan Public Relations (Humas) ialah kegiatan yang disengaja, untuk mempengaruhi, meraih pemahaman bersama, menyediakan informasi, dan mendapatkan umpan balik.
  • Terencana. Kegiatan Public Relations (Humas) ialah terorganisir, sistematis, pada kurun waktu tertentu, dan memakai riset serta analisa.
  • Mengutamakan performance.  Kegiatan yang efektif didasarkan pada kebijakan konkret dan kinerja.
  • Mengutamakan kehendak masyarakat. Kegiatan Public Relations (Humas) didasarkan pada tujuan yang saling menguntungkan antara organisasi/perusahaan dan masyarakatnya.
  • Komunikasi dua arah. Tidak hanya memperlihatkan informasi, Public Relations (Humas) juga membutuhkan umpan balik dari masyarakat sehingga terjadi komunikasi dua arah.
  • Fungsi manajeman. Public Relations (Humas) akan menjadi efektif kalau menjadi potongan dari administrasi dan didukung sepenuhnya oleh top administrasi suatu organisasi/perusahaan.

Di samping hal-hal tersebut, untuk sanggup menjadi praktisi Public Relations (Humas) yang handal haruslah didukung dengan keahlian dan kemampuan yang memadai. Selain kualifikasi pendidikan, praktisi Public Relations (Humas) juga harus mempunyai keterampilan komunikasi verbal ataupun goresan pena yang baik, mempunyai keterampilan interpersonal yang baik, berkemampuan untuk memilih prioritas dan membuat perencanaan secara efektif serta mempunyai kreativitas.

Semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Dan Tanggung Jawab Public Relations (Humas)"

Post a Comment