Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Administrasi Keuangan

Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai keseluruhan acara suatu perusahaan yang berkaitan dengan bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, serta mengelola keuangan perusahaan. Kaprikornus terdapat tiga acara utama administrasi keuangan dalam suatu perusahaan yang berkaitan dengan sumber dana (keuangan) internal maupun eksternal perusahaan, yaitu :
  1. Memperoleh dana.
  2. Menggunakan dana.
  3. Mengelolan aktiva.

Fungsi Manajemen Keuangan. Fungsi administrasi keuangan sanggup dikelompokkan menjadi dua bab yaitu : 
  • Fungsi Penggunaan Dana (Alokasi). 
  • Fungsi Pendanaan (Mencari Sumber Dana). 
Hanya saja dalam menjalankan kedua fungsi tersebut melibatkan fungsi-fungsi lain dari fungsi administrasi pada umumnya. Dengan demikian sanggup dijabarkan bahwa fungsi dari administrasi keuangan, diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Perencanaan dan penganggaran keuangan. Merencanakan dan menyusun dengan sebaik-baiknya segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, di dalamnya termasuk juga kegiatan pencarian, penyimpanan, dan pengelolaan/penggunaan  dana keuangan perusahaan.
  • Pengendalian. Mengawasi dan mengevaluasi setiap kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan keuangan, sebagai contoh untuk melakukan kegiatan yang akan datang.
  • Pemeriksaan. Pemeriksaan terhadap penggunaan keuangan perusahaan perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya penyelewengan dana perusahaan.
  • Pelaporan. Pembuatan laporan keuangan perusahaan sangat diharapkan untuk menganalisis rasio keuntungan atau rugi perusahaan.

Pengertian Manajemen Keuangan. Banyak jago yang telah mengemukakan pendapatnya perihal apa yang dimaksud dengan administrasi keuangan. Beberapa dari pendapat para jago tersebut ialah :

1. Sonny S.
Manajemen keuangan ialah kegiatan perusahaan yang berafiliasi dengan bagaimana untuk mendapat dana, menggunakan dana, dan untuk mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

2. Prawironegoro.
Manajemen keuangan ialah acara pemilik dan administrasi perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan seefektif, seefisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.

3. Bambang Riyanto.
Manajemen keuangan ialah keseluruhan acara perusahaan yang berafiliasi dengan perjuangan mendapat dana yang diharapkan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling mengunytungkan beserta perjuangan untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

4. Agus Sartono.
Manajemen keuangan ialah administrasi dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif, maupun suatu perjuangan pengumpulan dana untuk pembiayaan atau untuk pembelanjaan secara efisien.

5. Sutrisno.
Manajemen keuangan ialah semua kegiatan perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta perjuangan untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

6. Erlina, SE.
Manajemen keuangan ialah administrasi terhadap fungsi-fungsi keuangan, yang mencakup bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund). 

7. Farah Margaretha.
Manajemen keuangan ialah proses pengambilan keputusan perihal asset, pembiayaan dari asset tersebut, dan pendistribusian dari seluruh cash flow yang potensial yang dihasilkan dari asset tersebut.

8. Suad Husnan.
Manajemen keuangan ialah administrasi terhadap fungsi keuangan.

9. Husnan dan Pudjiastuti.
Manajemen keuangan ialah keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, analisis, dan pengendalian kegiatan keuangan.

10. Martono dan Agus Harjito.
Manajemen keuangan ialah segala acara perusahaan yang berhubungn dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

11. J.L. Massie.
Manajemen keuangan ialah acara operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapat dan menggunakan dana yang diharapkan untuk suatu operasi yang efektif dan efisien.

12. James Van Horne.
Manajemen keuangan ialah segala acara yang berafiliasi dengan perolehan, pendanaan, serta pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

13. J.F. Bradley.
Manajemen keuangan ialah bidang administrasi bisnis yang ditujukan untuk penggunaan modal secara bijaksana dan seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

14. Liehman.
Manajemen keuangan ialah perjuangan untuk sanggup menyediakan uang serta menggunakan uang untguk mendapat atau juga memperoleh aktiva.

15. Grestenberg.
Manajemen keuangan ialah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk memperoleh dana, bagaimana cara mereka mendapat dana, bagaimana cara penggunaan mereka, serta bagaimana bisnis tersebut didistribusikan.

16. Weston dan Copeland.
Manajemen keuangan ialah suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi  pokok administrasi keuangan ialah menyangkut keputusan perihal penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian deviden pada suatu perusahaan.

17. Brigham dan Houston.
Manajemen keuangan ialah bidang yang terluas dari tiga bidang keuangan, dan mempunyai kesempatan karir yang sangat luas.

18. Howard dan Upton.
Manajemen keuangan ialah penerapan fungsi perencanaan dan pengendalian fungsi keuangan.

19. Arthur J. Keown, John D. Martin, J. William Patty, dan David F. Scott, Jr.
Manajemen keuangan ialah suatu kegiatan mengenai pemeliharaan dan penciptaan dari nilai ekonomi atau kekayaan.

Sedangkan Kementerian Pendidikan Nasional mengartikan administrasi keuangan sebagai :
  • tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang mencakup pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, dan pelaporan. 

Tujuan Manajemen Keuangan. Manajemen keuangan dilakukan sebagai proses untuk mengendalikan aset-aset perusahaan termasuk didalamnya kegiatan pengadaan, pengalokasian, dan pengendalian keuangan perusahaan.  Dengan demikian tujuan administrasi keuangan yang hendak dicapai diantaranya ialah :
  • Memaksimalkan keuntungan perusahaan.
  • Memastikan pasokan keuangan secara teratur dan memadai bagi perusahaan.
  • Merencanakan dan mempersiapkan struktur modal. Struktur modal harus mempunyai komposisi yang sehat, sehingga keseimbangan antara hutang dan modal sendiri selalu terjaga.
  • Memaksimalkan pemanfaatan keuangan perusahaan. Dana yang diperoleh harus sanggup dimanfaatkan dengan baik sehingga sanggup terus meningkat dengan biaya yang minimum.
  • Memastikan keamanan investasi. Dana perusahaan yang akan diinvestasikan harus dipertimbangkan dengan baik sehingga tingkat pengembalian sesuai dengan yang diharapkan. 
  • Memastikan pengembalian yang memadai kepada pemegang saham yang tergantung pada kapasitas pendapatan, harga pasar saham, dan ekspetasi pemegang saham.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan. Ruang lingkup administrasi keuangan mencakup :
  • Keputusan pendanaan. Mencakup segala kebijakan yang berkaitan dengan cara memperoleh dana untuk perusahaan.
  • Keputusan investasi. Segal hal yang berkaitan dengan pembuatan kebijakan untuk penanaman modal, baik berupa aktiva tetap, aktiva tidak tetap atau aktiva finansial.
  • Keputusan  pengelolaan aset. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan aset guna mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen keuangan merupakan suatu proses  dalam kegiatan keuangan perusahaan yang berafiliasi dengan upaya untuk mendapat dana perusahaan serta meminimalkan biaya perusahaan. Manajemen keuangan juga merupakan upaya pengelolaan keuangan suatu perusahaan untuk sanggup mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Administrasi Keuangan"

Post a Comment