Pengertian, Jenis, Dan Pengelolaan Sampah

Sampah merupakan limbah padat yang berasal dari sisa kegiatan atau acara manusia, sanggup bersifat organik maupun anorganik. Sampah merupakan sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang.

Dari sisi estimologi, istilah sampah merupakan terjemahan dari bahasa Inggris 'waste', yang berarti zat-zat/benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi. Sedangkan pengertian sampah secara ilmiah oleh para andal diberikan batasan yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang mana yang melatarinya.  Secara umum sampah sanggup diartikan sebagai barang-barang yang tidak terpakai lagi oleh orang yang membuangnya.

Banyak andal yang mengemukakan pendapatnya ihwal apa yang dimaksud dengan sampah. pengertian sampah menurut para andal tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Prof. Ir. Radyastuti W.
Sampah yaitu sumber daya yang tidak siap pakai.

2. Juli Soemirat.
Sampah yaitu barang padat  yang dihasilkan dari kegiatan insan yang tidak lagi dikehendaki. 

3. Azwar.
Sampah yaitu sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai. tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan insan (termasuk kegiatan industri) tetapi bukan biologis alasannya kotoran insan tidak termasuk ke dalamnya.

4. Prie G.S.
Sampah yaitu barang yang kita miliki tetapi sama sekali tidak pernah ada gunanya.

5. Manik.
Sampah yaitu suatu benda yang tidak digunakan atau tidak dikehendaki dan harus dibuang yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

6. Setyo Purwendro.
Sampah yaitu materi padat buangan dari kegiatan rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah penginapan, hotel, rumah makan, industri, maupun acara insan lainnya sehingga dengan kata lain, sampah merupakan hasil sampingan dari acara insan yang sudah tidak terpakai.

7. Darmadi.
Sampah yaitu produk buangan yang pada umumnya berbentuk benda padat, dengan komposisi materi organik dan anorganik.

8. Bahar.
Sampah yaitu suatu barang yang harus bersifat padat yang tidak lagi digunakan dan dibuang, sehingga barang tersebut tidak sanggup diuraikan dengan tepat oleh alam yang hasilnya menjadikan kerusakan.

9. Basriyanta.
Sampah yaitu suatu material yang tidak lagi digunakan sehingga dibuang oleh pemiliknya, akan tetapi sampah masih sanggup digunakan kalau didaur ulang menjadi sesuatu yang baru.

10. Wijaya Jati.
Sampah yaitu konsekuensi sisa dari seluruh kegiatan atau acara manusia.

11. Tanjung.
Sampah yaitu barang yang tidak berkhasiat lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

Pengertian sampah juga dikemukakan oleh :

1. Para Ahli Kesehatan Amerika.
Sampah yaitu sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang, yang berasal dari kegiatan manusia, dan tidak terjadi dengan sendirinya.

2. World Health Organization (WHO).
Sampah yaitu barang yang berasal dari kegiatan manusia  yang tidak lagi digunakan, baik alasannya tidak dipakai, tidak disenangi, ataupun dibuang.  

3. Undang-Undang Nomor : 18 Tahun 2008 ihwal Pengelolaan Sampah.
Sampah yaitu sisa kegiatan sehari-hari insan dan/atau dari proses alam yang berbentuk padat.

4. Ecolink.
Sampah yaitu suatu materi yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil acara insan maupun proses alam yang belum mempunyai nilai ekonomis.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Sampah yaitu barang atau barang yang dibuang oleh pemiliknya alasannya tidak terpakai lagi atau tidak diinginkan lagi, contohnya kotoran, kaleng minuman, daun-daunan, kertas, dan lain-lain.

Jenis Sampah. Sampah sanggup dibedakan dalam beberapa kelompok atau jenis, yaitu :

1. Berdasarkan sifatnya, sampah dibedakan menjadi :
  • Sampah organik (degradable), yaitu sampah yang sanggup membusuk dan terurai sehingga sanggup diolah menjadi kompos. Misalnya : sisa makanan, daun kering, sayuran, dan lain-lain.
  • Sampah anorganik (undegradable), yaitu sampah yang sulit membusuk dan tidak sanggup terurai. Tapi sampah anorganik ini sanggup didaur ulang menjadi sesuatu yang  gres dan bermanfaat. Misalnya : botol plastik, kertas bekas, kaleng bekas, dan lain-lain.

2. Berdasarkan sumbernya, sampah dibedakan menjadi :
  • Sampah rumah tangga. 
  • Sampah pertanian.
  • Sampah perkantoran.
  • Sampah perusahaan.
  • Sampah rumah sakit.
  • Sampah pasar.
  • dan lain-lain.

3. Berdasarkan bentuknya, sampah dibedakan menjadi :
  • Sampah padat, yaitu material yang dibuang oleh manusia. Misalnya : sampah dapur, kaleng bekas, dan lain-lan tidak termasuk kotoran manusia.
  • Sampah cair, yaitu materi cair yang tidak digunakan dan dibuang ke tempah sampah. Misalnya : sampah cair dari dapur, toilet, dan lain-lain.

Dampak Sampah. Oleh alasannya sampah merupakan limbah, maka efek yang ditimbulkan oleh sampah lebih banyak merugikan dibandingkan menguntungkan bagi manusia. Menurut Gelbert, dampat dari sampah yaitu :
  • Terhadap kesehatan, sampah yang tidak dikelola dengan baik dan benar akan berpotensi menimbulkan penyakit bagi manusia, menyerupai diare, tifus, kolera, jamur, dan cacingan.
  • Terhadap lingkungan, pengelolaan sampah yang tidak baik akan menimbulkan efek jelek bagi lingkungan, mulai dari bacin tidak sedap hingga menjadikan banjir.
  • Terhdap sosial dan ekonomi, penanganan sampah tang tidak baik juga akan berdampak jelek terhadap kondisi sosial dan ekonomi, menyerupai : meningkatnya biaya kesehatan alasannya banyaknya penyakit, kondisi lingkungan yang tidak higienis akhir penanganan sampah yang tidak baik akan berdampak jelek pada kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Pengelolaan Sampah.  Pengelolaan sampah yaitu semua kegiatan yang besangkut paut dengan pengendalian timbulnya sampah, pengumpulan, transfer dan transportasi, pengolahan dan pemrosesan akhir/pembuangan sampah, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan lingkungan, ekonomi, teknoligi, konservasi, estetika, dan faktor-faktor lingkungan lainnya yang bersahabat kaitannya dengan respon masyarakat. 

Sedangkan berdasarkan Undang-Undang Nomor : 18 Tahun 2008 ihwal Pengelolaan Sampah, pengelolaan sampah didefinisikan sebagai kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang mencakup pengurangan dan penanganan sampah. Yang dimaksud dengan kegiatan pengurangan sampah, mencakup :
  • pembatasan timbunan sampah.
  • pendaur-ulangan sampah, dan/atau ;
  • pemanfaatan kembali sampah.
sedangkan kegiatan penanganan sampah ,meliputi :
  • Pemilihan.
  • Pengumpulan.
  • Pengangkutan.
  • Pengolahan.
  • Pemrosesan final sampah.

Penanganan dan pengelolaan sampah yang baik sanggup dilakukan berdasarkan jenis-jenis sampah yang ada. Penanganan sampah sanggup dilakukan dengan pengelolaan sampah 3R, yaitu :
  1. Reuse (menggunakan kembali), yaitu metode pengelolaan sampah dengan cara memakai kembali sampah tersebut secara langsung, baik untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain.
  2. Reduce (mengurangi), yaitu metode pengelolaan sampah dengan cara mengurangi segala hal yang sanggup mengakibatkan timbulnya sampah.
  3. Recycle (daur ulang), yaitu metode pengelolaan sampah dengan cara mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang gres dan sanggup digunakan.

Yang mesti dipahami yaitu bahwa pengertian atau defenisi dari sampah itu sangat subyektif, alasannya sampah bagi orang yang membuangnya, bukan berarti sampah bagi orang lain.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Jenis, Dan Pengelolaan Sampah"

Post a Comment