Bisnis Es Krim

Makan merupakan kebutuhan pokok semua manusia. Oleh karenanya, bagi kalian yang mau berwira usaha, bisnis masakan merupakan salah satu bidang perjuangan yang menjanjikan. Hanya saja untuk melaksanakan bisnis ini diharapkan dana yang tidak sedikit, selain juga diharapkan keuletan dan ketekunan.

Dari aneka macam jenis makanan, es krim menjadi salah satu masakan yang paling banyak digemari. Teksturnya yang lembut, rasanya yang manis dan menyegarkan menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai es krim. Itulah sebabnya kenapa es krim pantas menjadi pilihan dalam bisnis makanan. Bisnis es krim secara umum memiliki prospek yang bagus, meskipun es krim bukan termasuk masakan yang utama. Yang penting diperhatikan dalam bisnis es krim ini ialah bagaimana es krim yang kita ramu bisa sesuai dengan selera calon pelanggan yang dituju.

Ada beberapa hal yang mesti diketahui sebelum menjalankan bisnis es krim tersebut :
1. Pembeli.
Pada umumnya semua orang, baik itu wanita atau laki-laki, baik itu anak-anak, remaja, bahkan orang tua, menyukai es krim. Salah satu penyebabnya ialah iklim di Indonesia. Makanan dan minuman segar banyak dicari, salah satunya ialah es krim. Dari calon pembeli ini, kita bisa memilah, calon pembeli menyerupai apa, usia berapa yang akan menjadi target pemasaran es krim. Tentunya yang menjadi pertimbangan ialah daya beli dan modal pertama yang kita punya ketika memulai bisnis es krim ini.
2. Lokasi Pemasaran.
Pemilihan lokasi sangat penting. Hal ini berkaitan dengan omset penjualan, walaupun kita juga tidak sanggup mengharapkan omset penjualan sanggup meningkat dengan cepat dalam waktu yang singkat. Yang pertama kali penting dilakukan ialah dengan merebut kepercayaan calon pembeli, salah satunya dengan memperlihatkan pada mereka produk dengan kualitas yang baik, syukur-syukur dengan harga yang juga terjangkau. Karena biasanya yang terjadi, apabila produk yang dijual berkualitas baik maka pembeli akan menganjurkan keluarga, teman, atau orang-orang lain untuk membeli produk kita. Dan ini merupakan satu keuntungan bagi kita, lantaran tidak usah repot-repot untuk mempromosikan produk es krim yang kita buat. Dari banyak lokasi, untuk pertama kali yang bisa dipertimbangkan untuk memasarkan es krim ialah daerah yang banyak anak-anaknya, contohnya sekolahan, dan lokasi lain ialah lingkungan perumahan kita sendiri.
3. Cara Berjualan.
Yang menjadi pertimbangan ialah efektivitas dan sumber daya-nya. Cara berjualan es krim bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :
  • Menetap di satu tempat, maksudnya ialah pembeli yang akan mendatangi kita. Cara pemasaran mengharuskan kita menggencarkan promosi, lantaran produk yang kita jual belum banyak dikenal orang.
  • Berkeliling, maksudnya kita yang mendatangi pembeli. Penjualan dengan cara ini sanggup menekan biaya promosi, hanya saja harus dilakukan secara rutin dan membutuhkan sarana dan prasarana yang lebih dibandingkan berjualan secara menetap. Misalnya kita butuh gerobak dorong, sepeda, motor, atau kendaraan beroda empat untuk memasarkan produk kita. 

Banyak cara dalam menjalankan bisnis es krim, bisa dengan cara memproduksinya sendiri, menjadi agen, menjalankan perjuangan wara laba, dan lain-lain. Dari banyak cara tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Memproduksi es krim sendiri akan terasa berat di awal usaha, lantaran kita mesti memformulakan rasa yang pas, serta mengenalkan dan mempromosikan produk kita pada calon pembeli yang terang akan membutuhkan lebih banyak waktu. Hanya saja kelebihannya rasa dan kreasi es krim yang kita jual benar-benar milik dan dari resep kita sendiri. Selain itu prospek majunya akan lebih besar dibandingkan perjuangan es krim yang berakar pada perjuangan orang lain. Oleh alhasil sangat dianjurkan menjalankan bisnis es krim ini dengan cara tersebut, yaitu dengan memproduksinya sendiri.

Hal lain yang mesti dipertimbangkan dalam bisnis es krim ialah faktor resiko. Resiko yang bisa muncul dalam bisnis es krim ini ialah dari faktor alam. Seperti di ketahui, Indonesia ialah negara tropis yang memiliki dua musim, trend kemarau dan trend hujan. Pada ketika trend hujan, biasanya omset penjual es krim akan menurun hal ini bukan saja disebabkan lantaran cuaca yang masbodoh akan tetapi juga lantaran ada banyak penyakit yang merebak. Selain resiko yang disebabkan lantaran faktor alam, resiko juga bisa muncul dari persaingan dan pengembangan usaha. Oleh alhasil kita mesti bisa untuk menyebarkan usaha, baik itu menyebarkan area pemasaran (bisa mencoba memasarkan es krim secara on line), menjaga dan meningkatkan kualitas produk, serta memastikan ketersediaan produk

Semoga bermanfaat.    

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Es Krim"

Post a Comment