Bisnis Kemasan Produk

Sebelum produk yang ditawarkan hingga ke tangan konsumen, maka proses pengemasan merupakan salah satu bab yang penting pada suatu proses produksi. Pengemasan yang tidak baik, akan sanggup merusak produk yang sudah dihasilkan dengan baik. 

Kemasan pada umumnya digunakan untuk membungkus produk makanan. Kemasan suatu produk intinya bertujuan untuk memperlihatkan pinjaman pada produk tersebut. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, kemasan suatu produk tidak hanya berfungsi untuk melindungi produk tersebut, tapi juga sanggup meningkatkan nilai hemat dari penjualan produk tersebut. Atau dengan kata lain, kemasan merupakan  salah satu penunjang yang memilih keberhasilan dari sebuat produk yang dijual pada konsumen. Oleh alasannya yakni itu, pengemasan menjadi hal wajib untuk menarik calon pembeli.

Dalam banyak kasus, sering ditemui harga suatu kuliner dengan jenis yang sama, mempunyai harga yang berbeda. Dan sering terjadi juga, harga kuliner yang lebih mahal lebih laris dan lebih diminati oleh konsumen dibandingkan kuliner yang harganya lebih murah. Hal tersebut tidak semata-mata alasannya yakni rasa dari kuliner tersebut, akan tetapi alasannya yakni kemasan kuliner yang harganya lebih mahal terlihat lebih menarik bagi calon konsumen. 

Kesadaran akan pentingnya kemasan suatu produk itulah, yang membuat banyak perusahaan mengalokasikan waktu dan sumber daya mereka untuk meningkatkan daya tarik desain atau penampilan kemasan dari produk-produk yang dihasilkannya. Maka tidak mengherankan, bila remaja ini sangat simpel dan simpel ditemui di pasaran, suatu produk dibungkus dengan kemasan yang menarik dan kreatif.


Kemasan produk inilah yang sanggup kita manfaatkan sebagai peluang bisnis. Dengan membuat banyak sekali kemasan menarik dan kreatif serta desain yang orisinal untuk pembungkus suatu produk, sehingga sanggup menarik calon konsumen. Kemasan suatu produk tidak hanya berbahan baku dari plastik, tetapi juga sanggup berbentuk stoples, kaleng, kertas daur ulang, dan lain-lain. 

Peluang bisnis kemasan masih terbuka luas dan semakin menguntungkan, baik dalam skala kecil maupun skala besar, mengingat ketika ini banyak suplier baik itu kuliner maupun barang yang membutuhkan suatu kemasan untuk kuliner atau barang-barang yang dipasarkannya. Selain itu, pada umumnya pengusaha-pengusaha menengah dan kecil mempunyai kendala, terutama dalam hal modal, untuk membuat kemasan produknya.

Jika anda tertarik dengan bisnis kemasan produk, ada beberapa hal yang mesti anda ketahui, menyerupai contohnya :
  • Buatlah kemasan produk sesuai sasaran konsumen. Misalkan sanggup membedakan produk menurut usia. Dengan demikian anda sanggup membuat paket kemasan produk hemat dan premium.
  • Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik serta belum pernah digunakan oleh produk lain.
  • Kemasan sanggup juga dibentuk menjadi beberapa ukuran, menyerupai ukuran kecil, sedang, dan besar. Atau sanggup juga dibentuk kemasan dengan konsep family pack atau economic pack. Dengan banyaknya pilihan kemasan yang diproduksi tersebut, akan memudahkan anda dalam memasarkan produk kemasan tersebut. 
  • Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk.
  • Lakukan analisis pasar, taktik pemasaran dan merencanakan harga produk yang ditentukan menurut harga eceran tertinggi.
  • Lakukan taktik promosi yang tepat. Bisa dilakukan dengan mengikuti pameran atau iklan di media sosial. Karena ketika ini teknologi sudah sedemikian maju, ada baiknya bekali diri anda dengan pengetahuan online marketing sebagai bentuk promosi jasa kemasan yang anda buat.
  • Satu hal yang perlu diperhatikan yakni ketersediaan materi baku pembuat kemasan. Selain materi baku yang umum digunakan, menyerupai plastik, kaleng, atau stoples, penggunaan materi baku kemasan dari bahan daur ulang akan memperlihatkan kesan positif. Banyak konsumen yang menyukai kemasan yang sanggup didaur ulang. 

Selain dari hal-hal tersebut, yang penting untuk diperhatikan yakni mengenai desain kemasan. Desain kemasan yang orisinal dan menarik akan menjadi salah satu nilai jual kemasan produk yang anda pasarkan. Karena desain yang anda ciptakan akan menjadi merk dari kemasan yang anda buat. Kalau desain kemasan produk yang anda ciptakan tersebut menarik, unik, dan orisinal, anda sanggup mematenkan kemasan tersebut dengan mendaftarkan ke bab Desain Industri di Lembaga Hak Kekayaan Intelektuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Sedangkan untuk memulai bisnis kemasan produk ini, ada beberapa peralatan minimal yang wajib anda miliki, yaitu :
  • Mesin printing warna.
  • Mesin laminasi untuk pelapis.
  • Bag making, untuk membentuk kemasan sesuai dengan kebutuhan.
  • Slitting, untuk memotong materi sesuai ukuran.
  • Alat-alat laborat untuk mengecek kualitas sesuai harapan pelanggan.
Memang diharapkan modal yang tidak sedikit untuk memulai bisnis kemasan produk ini, tapi bila anda sudah siap, dengan didukung niat dan peluang yang masih sangat terbuka luas dalam bisnis ini, pasti anda akan meraih kesuksesan dari bisnis ini.

Semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Kemasan Produk"

Post a Comment