Pengertian Dan Fungsi Public Relations (Humas)

Public Relations (Humas) sudah dikenal oleh insan semenjak jaman dahulu kala. Manusia selalu mencoba berkomunikasi dan membuat dirinya paham akan sesuatu. Hal tersebut terlihat dari perkembangan cara insan dalam berkomunikasi, di mulai dari piktogram atau gambar yang mengandung arti, lukisan-lukisan atau gambar-gambar simbol yang mengandung pesan tertentu, hingga dengan memakai abjad menyerupai yang dikenal sekarang. Cara komunikasi yang dilakukan oleh insan dari jaman ke jaman tersebut sanggup dikatakan sebagai bentuk dari teknik Public Relations (Humas).

Pengertian dari Public Relations (Humas) sangat relatif, hal itu sebab hingga dengan ketika ini banyak hebat yang mencoba mendefinisikan atau menafsirkan sendiri apa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) tersebut. Namun begitu, pada pada dasarnya Public Relations (Humas) selalu berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul suatu dampak, yaitu berupa perubahan yang positif. Public Relations (Humas) tidak hanya berkenaan dengan suatu periklanan atau pemasaran, tetapi lebih luas daripada hal tersebut. Public Relations (Humas) adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku terhadap semua jenis organisasi, baik yang bersifat komersial maupun non komersial, di sektor publik (pemerintah) maupun privat (swasta).

Terdapat banyak pengertian wacana Public Relations (Humas) yang dikenal oleh masyarakat, di antaranya yaitu sebagai berikut :
  • Edward L. Bernay, dalam bukunya yang berjudul The Engineering of Consent, mendifinisakan Public Relations (Humas) sebagai cara membujuk publik untuk mempunyai pengertian yang mendukung serta mempunyai biat baik.
  • Frank Jefkins, menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) yaitu semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. 
  • Rex F. Harlow, menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) yaitu fungsi administrasi tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kolaborasi antara organisasi dan publiknya. Public Relations (Humas) merupakan sistem peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan, dengan memakai riset dan komunikasi yang sehat dan etis sebagai alat utamanya.
  • Cutlip Center Broom, mendifinikan Public Relations (Humas) sebagai perjuangan terjadwal untuk menghipnotis pandangan melalui karakter yang baik serta tindakan yang bertanggung jawab, didasarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan.
  • Betrand R. Canfield, menyampaikan bahwa Public Relations (Humas) yaitu fungsi administrasi yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan hukum seseorang atau forum demi kepentingan publik dan melaksanakan jadwal kegiatan untuk memperoleh pengertian dan penerimaan publik.
  • J.C. Seidel, menyatakan bahwa Public Relations (Humas) yaitu proses yang kontinyu dari usaha-usaha administrasi untuk memperoleh itikad baik dan analisa serta perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.
  • Howard Bonham, menyampaikan bahwa Public Relations (Humas) yaitu suatu seni untuk membuat pengertian publik yang lebih baik, yang sanggup memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau suatu forum atau badan.
  • Effendi, menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas)  yaitu komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan administrasi dengan meningkatkan training kolaborasi dan pemenuhan kepentingan bersama.
  • Frida Kusumastuti, menyampaikan bahwa Public Relations (Humas) adalah acara komunikasi dua arah dengan publik (organisasi/perusahaan), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu/kerja sama.
  • World Assembly of Public Relations (Majelis Humas Dunia), menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Public Relations (Humas) yaitu seni dan ilmu sosial dalam menganalisis kecenderungan, memperkirakan akibat-akibat, menunjukkan saran kepada pemimpin perusahaan serta melaksanakan jadwal tindakan terjadwal yang melayani baik kepentingan organisasi dan khalayaknya. 
  • The British Institute of Public Relations, menunjukkan definisi Public Relations (Humus) sebagai keseluruhan upaya yang dilakukan secara terjadwal dan berkesinambungan dalam rangka membuat dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.
  • The Mexican Statement, yang merupakan pertemuan asosiasi-asosiasi Public Relations (Humas) seluruh dunia di Mexico City pada bulan Agustus 1978, menyebutkan bahwa Public Relations (Humas) yaitu sebuah seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisa banyak sekali kecenderungan, memperkirakan setiap kemungkinan konsekuensinya, memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, serta menerapkan progam-progam tindakan yang terjadwal untuk melayani kebutuhan organisasi dan kepentingan khalayaknya.
  • Webester's Third New International Dictionary, mendefinisikan Public Relations (Humas) sebagai seni pengetahuan untuk mengembangkan pengertian timbal balik dan niat baik.
  • Webster's New Collegiate Dictionary, mendefinisikan Public Relations (Humas) sebagai perjuangan mendorong  masyarakat untuk mempunyai goodwill terhadap seseorang, perusahaan atau lembaga.

Dari banyak sekali pengertian Public Relations (Humas) tersebut, dan masih banyak lagi pengertian wacana hal itu, sanggup ditarik kesimpulan bahwa Public Relations (Humas) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengomunikasikan 5 W + 1 H, yaitu :
  • Siapa kita (who) ?
  • Apa yang kita kerjakan (what) ?
  • Mengapa kita mengerjakannya (why) ?
  • Kapan kita mengerjakannya (whwn) ?
  • Di mana publik sanggup mendapat informasi wacana kita (where) ?
  • Bagaimana kita berbeda dengan pesaing (how) ? 

Sedangkan fungsi dari Public Relations (Humas) pada pada dasarnya yaitu sebagai berikut :
  • Memelihara komunikasi yang serasi antara perusahaan dengan publiknya (maintain good communication).
  • Melayani kepentingan publik dengan baik (serve public's interest).
  • Memelihara sikap dan moralitas perusahaan dengan baik (maintain good morals and manners).

Selain dari fungsi Public Relations (Humas) tersebut, banyak hebat yang mengemukakan juga wacana fungsi dari Public Relations (Humas), di antaranya yaitu sebagai berikut :
1. Effendy.
Effendy dalam bukunya yang berjudul "Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi" menyebutkan bahwa fungsi dari Public Relations (Humas) yaitu :
  1. Menunjang kegiatan administrasi dalam mencapai tujuan organisasi.
  2. Membina hubungan serasi antara organisasi dengan publik, baik publik ekstern maupun publik intern.
  3. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik dengan membuatkan informasi dari organisasi kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada organisasi.
  4. Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.

2. Betrand R. Canfield. 
Betrand R. Canfield dalam bukunya yang berjudul "Public Relations Principles and Problems" mengemukakan bahwa fungsi dari Public Relations (Humas) yaitu :
  • Mengabdi kepada kepentingan publik (It should serve the public's interest).
  • Memelihara komunikasi yang baik (Maintain good communications).
  • Menitikberatkan moral dan tingkah laris yang  baik (And stress good morals and manners).

3. Edward L. Bernay.
Edward L. Bernays dalam bukunya yang berjudul "Public Relations" mengemukakan bahwa fungsi dari Public Relations (Humas) yaitu :
  • Memberikan penerangan kepada masyarakat.
  • Melakukan persuasi untuk merubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsungh.
  • Berupaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu badan/lembaga sesuai dengan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.

4. Noeradi.
Noeradi dalam "Kapita Selekta Pengetahuan Kehumasan" menyebutkan bahwa berdasarkan survai internasional menyimpulkan bahwa fungsi Humas masa kini mencakup :
  1. Memberikan konseling yang didasarkan pada penguasaan duduk masalah sikap manusia.
  2. Membuat analisa kecenderungan masa depan dan ramalan akibat-akibatnya.
  3. Melakukan riset pendapat, sikap dan impian masyarakat serta memberi saran tindakan-tindakan yang diharapkan untuk mengatasinya.
  4. Menciptakan dan membina komunikasi dua arah berlandaskan kebenaran dan informasi secara utuh.
  5. Mencegah konflik dan salah pengertian.
  6. Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
  7. Melakukan penyerasian kepentingan forum dengan kepentingan umum.
  8. Meningkatkan pengalaman itikad baik forum terhadap personil, penyuplai, dan konsumen.
  9. Memperbaiki hubungan industrial.
  10. Menarik calon tenaga yang baik semoga menjadi personil serta mengurangi keinginan personil untuk keluar dari lembaga.
  11. Memasyarakatkan produk.
  12. Mengusahakan perolehan keuntungan yang maksimal.
  13. Menciptakan identitas lembaga.
  14. Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun interbasional.
  15. Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi. 
Dengan demikian seorang Public Relations (Humas) sanggup dikatakan berfungsi apabila ia bisa melaksanakan kiprah dan kewajibannya dengan baik, berkhasiat atau tidak dalam menunjang tujuan perusahaan dan menjamin kepentingan publik.

Sedangkan Foundation for Public Relations Research and Education, menyimpulkan bahwa Public Relations (Humas) yaitu fungsi administrasi yang tugasnya yaitu :
  • Membantu memelihara dan menjaga komunikasi, pengertian, penerimaan dan kolaborasi antara organisasi dan publiknya.
  • Mencakup administrasi duduk masalah dan isu-isu.
  • Membantu administrasi selalu memberkan informasi pada dan responsif terhadap opini publik.
  • Mendefinisikan dan menekankan pasa tanggung jawab administrasi untuk melayani kepentingan publik.
  • Membantu administrasi selalu mengikuti dan memanfaatkan perubahan.
  • Melayani sistem pencegahan awal untuk mengantisipasi tren.
  • Menggunakan riset dan teknik komunikasi yang beretika sebagai alat-alat pokok.

Public Relations (Humas) merupakan mediator antara pimpinan organisasi dengan publiknya, baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal maupun eksternal. Kegiatan utama dari Publik Relations (Humas) dalam mewakili top administrasi suatu organisasi merupakan kegiatan two ways communication atau komunikasi timbal balik yang merupakan ciri khas dari peranan Public Relations (Humas), hal itu dikarenakan salah satu kiprah dari Public Relations (Humas) yaitu apa dan bagaimana bertindak sebagai nara sumber informasi dan jalan masuk informasi.

Semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Public Relations (Humas)"

Post a Comment