Mengapa Administrasi Diharapkan (Pengertian Dan Unsur Manajemen)

Dari segi bahasa, kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu menagement yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen merupakan seni dalam menuntaskan pekerjaan melalui kolaborasi tim. Seni administrasi meliputi kemampuan visi, yaitu kemampuan untuk melihat dan menyelaraskan integritas dan totalitas dari masing-masing individu dalam satu tim.  

Sementara, sebagian jago ada yang beropini bahwa administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu 'managere. Managere terdiri dari dua kata, yaitu kata 'manus' yang berarti tangan dan 'agere' yang berarti melakukan.  Managere dalam bahasa Inggris bertransformasi menjadi management (bentuk kata benda), to manage ( bentuk kata kerja), dan manager untuk orang yang melaksanakan acara manajemen. Sedangkan di Indonesia, managere diterjemahkan dengan manajer yang diartikan sebagai pengelolaan. Manajemen berfungsi untuk mengatur dan menciptakan tatanan terstruktur rapi. Manajemen mengatur suatu tatanan yang belum teratur sehingga menjadi suatu teladan keteraturan yang baru.

Ilmu administrasi sangatlah luas, bahkan dalam praktek kehidupan sehari-hari insan tidak pernah lepas dari ilmu manajemen. Mengapa administrasi diharapkan ? T. Hani Handoko memperlihatkan alasan kenapa administrasi diharapkan :
  1. Manajemen diharapkan supaya tujuan langsung dan organisasi sanggup tercapai.
  2. Manajemen diharapkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran, dan acara yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi.
  3. Manajemen diharapkan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas suatu kerja organisasi.
Khusus untuk organisasi yang sedang berkembang, administrasi dibutuhkan untuk beberapa hal, yaitu meliputi administrasi startegi, administrasi sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan administrasi lain.


Secara umum administrasi diartikan sebagai proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh orang atau sekelompok orang atau suatu organisasi dengan sumber daya yang ada untuk mencapai satu tujuan tertentu. Pengertian manajemen telah banyak dikemukakkan oleh para ahli, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut :

1. T. Hani Handoko.
Manajemen ialah suatu proses bekerja secara bersama untuk menginterpretasikan, menentukan, serta mencapai sebuah tujuan dari organisasi itu sendiri melalui sebuah pelaksanaan dari pengorganisasian, pengarahan, perencanaan, kepemimpinan, pengawasan dan penyusunan personalia.

2. Hilman.
Manajemen ialah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui mediator acara orang lain serta mengwasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

3. Renville Siagian.
Manajemen ialah salah satu bidang perjuangan yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga jago yang terlatih dan berpengalaman.

4. Dr. Bennett N.B Silalahi, MA.
Manajemen ialah ilmu sikap yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggung jawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

5. Enji Ogawa.
Manajemen ialah suatu proses yang di dalamnya terdapat pengimplementasian, pengendalian, dan perencanaan kegiatan-kegiatan yang masuk dalam sistem yang diberlakukan oleh organisasi.

6. Oey Liang Lee.
Manajemen ialah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditetukan sebelumnya.

7. Henry Fayol.
Manajemen ialah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan/kontrol terhadap sumber daya yang ada supaya mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

8. Federick Winslow Taylor.
Manajemen ialah sebuah oercobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap problem yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan/organisasi/setiap sistem kolaborasi yang dilakukam setiap insan dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.

9. George R. Terry.
Manajemen ialah sebuah proses yang khas yang terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengawasan.

10. Ricky W. Griffin.
Manajemen ialah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

11. Lawrence A. Appley.
Manajemen ialah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui perjuangan orang lain.

12. Encyclopedia of the Social Science, mengarartikan administrasi sebagai :
  • suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Unsur-unsur manajemen ialah :
  1. Manusia (Human), faktor yang paling memilih dalam manajemen. Dalam praktek manusialah yang menciptakan tujuan dan melaksanakan proses pencapaian tujuan tersebut.
  2. Uang (Money), merupakan unsur administrasi yang sangat berpengaruh, sebab hasil acara administrasi akan sanggup diukur dari jumlah uang yang beredar di satu perusahaan.Uang merupakan unsur yang sanggup menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional.
  3. Bahan (Materials), merupakan faktor penting dalam dnia perjuangan sebab hasil yang baik hanya bisa didapat bila memakai materi yang baik, Bahan terdiri dari dua yaitu materi jadi dan materi setengah jadi.
  4. Mesin (Machines), sangat dibutuhkan insan untuk mengerjakan pekerjaan yang berat dan sulit. Mesin sanggup mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil produksi dan laba serta menciptakan proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
  5. Metode (Methods), proses pelaksanaan pekerjaan hanya sanggup berjalan dengan efektif dan efisien bila dilakukan dengan metode yang tepat. 
  6. Pasar (Market), proses pemasaran produk merupakan unsur administrasi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Saalah satu indikator maju mundurnya sebuah perusahaan sanggup dilihat dari administrasi pemasaran dari perusahaan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Administrasi Diharapkan (Pengertian Dan Unsur Manajemen)"

Post a Comment