Pengertian Dan Kiprah Pemasaran

Pemasaran merupakan acara untuk mengenalkan suatu produk kepada  konsumen yang potensial.  Pemasaran selalu bekerjasama dekat dengan pasar yang selalu berubah-ubah yang dikarenakan faktor lingkungan yang berada di luar kontrol perusahaan secara langsung. 

Dalam suatu perusahaan, tujuan utama dari pemasaran yaitu memaksimalkan keuntungan dengan membuat taktik penjualan. Di sinilah pemasaran mempunyai fungsi untuk meramalkan dan merencanakan suatu taktik guna menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi dalam perusahaan, sekaligus taktik untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan/konsumen. Yang terpenting, seorang biro pemasaran harus sanggup melihat banyaknya aspek pendukung pemasaran dan menerapkan aspek-aspek tersebut dalam memasaran produk yang dihasilkan oleh perusahannya, sehingga sasaran dan tujuan pemasaran sanggup terpenuhi.

Telah banyak mahir yang mengemukakan pendapatnya wacana apa yang dimaksud dengan pemasaran. Beberapa pengertian pemasaran berdasarkan para mahir tersebut yaitu : 

1. Tung Dasem Waringin.
Pemasaran yaitu media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

2. Djaslim Saladin.
Pemasaran yaitu suatu sistem total dari bisnis yang dirancang untuk merencanakan, memilih harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang sanggup memuaskan harapan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan .

3. Daryanto.
Pemasaran yaitu suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapat kebutuhan dan harapan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.

4. Tjiptono.
Pemasaran yaitu fungsi yang mempunyai kekerabatan paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya mempunyai kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal.

5. Firdaus.
Pemasaran yaitu acara yang dilakukan oleh banyak orang menyerupai halnya pengusaha guna mempertahankan kelangsungan hidup serta memenuhi kebutuhan dan juga mendapat laba/keuntungan.

6. Basu Swastha dan Hani.
Pemasaran yaitu proses acara perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut sampai proses proses promosi maupun distribusinya dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

7. Philip Kotler dan Amstrong.
Pemasaran yaitu proses managerial yang orang-orang di dalamnya mendapat apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk-produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.

8. Philip Kotler.
Pemasaran yaitu suatu acara insan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.

9. William J. Stanton.
Pemasaran yaitu sistem keseluruhan dari aneka macam acara bisnis atau perjuangan yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga barang atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya, dan sanggup memuaskan konsumen.

10. Philip dan Duncan.
Pemasaran yaitu sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang dipakai untuk menempatkan barang yang dijualbelikan ke tangan pembeli atau konsumen.

11. Jay Abraham.
Pemasaran yaitu sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan paling baik kepada konsumen.

12.Tim Marknesis.
Pemasaran yaitu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan,  dan memberikan nilai bagi pelanggan, serta memberikan manfaat  bagi organisasi dan para pemangku kepentingan.

13. Hair dan Mc. Daniel.
Pemasaran yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk membuat pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi.

14. John Westwood.
Pemasaran yaitu sebuah perjuangan terpadu yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/laba kepada perusahaan.

Selain dari pendapat para mahir tersebut, pengertian pemasaran juga sanggup ditemukan dalam :

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Pemasaran yaitu proses, cara, perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal menyebarluaskan di tengah-tengah masyarakat pada umumnya.

2. American Marketing Association.
Pemasaran yaitu suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan serta untuk mengelola kekerabatan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan.

Berdasarkan pengertian-pengertian dari pemasaran tersebut di atas, maka sanggup disimpulkan beberapa tugas pemasaran yaitu :
  • Memperkenalkan produk. Mengenalkan produk yang diciptakan dan diproduksi oleh perusahaan kepada masyarakat luas merupakan kiprah terpenting dari pemasaran.
  • Memenuhi sasaran penjualan.  Target penjualan suatu produk sudah ditetapkan semenjak awal, sudah menjadi kiprah dari bab pemasaran untuk sanggup mencapai dan memenuhi sasaran penjualan produk tersebut.
  • Memastikan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh bagiann pemasaran selain pemenuhan sasaran penjualan. Dengan memastikan konsumen merasa puas dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan, maka sanggup dikatakan proses pemasaran tersebut telah dianggap berhasil.
  • Membuat taktik lanjutan. Ada banyak cara/teknik dalam memasarkan suatu produk. Strategi lanjutan dimaksudkan untuk mendapat sasaran profit yang lebih besar dari taktik sebelumnya.
  • Bekerja sama dengan mitra. Marketing mempunyai kiprah penting dalam menjalin kekerabatan baik dengan kawan khususnya pelanggan.
  • Membuat relapitulasi penjualan. Tim marketing harus membuat rekap data penjualan dengan benar dan rapi. Data penjualan akan sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai pola untuk memilih sasaran dan taktik pemasaran yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Kiprah Pemasaran"

Post a Comment