Pengertian Dan Fungsi Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan suatu hal yang sangat penting  dan harus dimiliki dalam upaya mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.  Secara umum sumber daya insan sanggup diartikan sebagai individu produktif yang bekerja sebagai aktivis suatu perusahaan atau organisasi, yang mempunyai fungsi sebagai aset sehingga harus terus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Sumber daya insan sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu :
  1. Sumber daya insan makro, yaitu jumlah penduduk dalam usia produktif yang ada dan tinggal dalam suatu wilayah atau negara tertentu.
  2. Sumber daya insan mikro, yaitu individu yang bekerja dalam sebuah institusi atau perusahaan.

Banyak jago yang mengemukakan pendapatnya wacana apa yang dimaksud dengan sumber daya manusia. Pengertian sumber daya manusia berdasarkan para jago tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut :

1. Sonny Sumarsono.
Sumber daya insan yaitu :
  • usaha kerja yang bermanfaat bagi keberlangsungan produksi.
  • kelompok insan yang tersiri dari insan yang mempunyai kemampuan untuk memperlihatkan jasa.

2. Malayu S.P Hasibuan.
Sumber daya insan yaitu insan yang mempunyai kemampuan terpadu yang dicirikan dengan teladan pikir dan daya fisik yang baik. Kemampuan sumber daya insan tidak sanggup dilihat dari satu sisi saja, namun harus meliputi keseluruhan daya pikir dan juga daya fisiknya. Perilaku dan moral sumberb daya insan berasal dari lingkungannya, sedangkan prestasi dan motivasi kerja berasal dari harapan dirinya sendiri.

3. Veithzal Rivai.
Sumber daya insan yaitu seorang yang siap, mau dan bisa memberi pertolongan perjuangan pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi. Sumber daya insan merupakan salah satu unsur masukan (input), selain unsur modal, bahan, mesin, teknologi, dan lain-lain, yang natinya akan diubah menjadi keluaran (output) berupa barang dan jasa untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi.

4. Ermaya.
Sumber daya insan yaitu suatu faktor utama yang penting dalam setiap proses pembangunan negara, perusahaan, maupun organisasi. Sumber daya insan memberi dampak yang  bermanfaat bagi pembangunan, sehingga harus diatur dan dijaga. Dalam pembangunan, sumber daya insan berperan sebagai obyek dan subyek dari proses pembangunan. 

5. M.T.E Hariandja.
Sumber daya insan yaitu salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan selain faktor lainnya ibarat kinerja atau modal. Oleh alasannya yaitu itu, sumber daya insan harus dikelolan dengan baik supaya bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi perusahaan.

6. Abdurrahmat Fathoni.
Sumber daya insan yaitu kekayaan atau modal suatu negara yang penting bagi segala acara insan sehingga mencapai tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu diharapkan analisis pengembangan dengan metode yang sesuai dengan memperhatikan beberapa unsur ibarat waktu, kemampuan, dan daya yang dimiliki oleh setiap manusia.

7. Tadjudin Noer Efendi.
Sumber daya insan yaitu segala hal yang menyangkut dimennsi, kualitas atau jumlah karakteristik, dan persebaran atau penduduk.

8. Hadari Nawawi
Sumber daya insan yaitu :
  • manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi yang disebut juga personil, tenaga kerja atau karyawan.
  • potensi yang yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal baik non material  ataupun non finansial di dalam organisasi bisnis, yang sanggup diwujudkan menjadi potensi kasatmata secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensinya.a
  • potensi manusiawi sebagai aktivis organisasi dalam mewujudkan eksistensinya. 

9. Gouzali Syadam.
Sumber daya insan yaitu sumber utama dalam proses kegiatan di lingkungan sekitar. 

10. Schermerhorn.
Sumber daya insan yaitu orang, individu-individu, dan kelompok-kelompok yang membantu organisasi menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa.

11. Werther dan Davis.
Sumber daya insan yaitu pegawai yang siap, bisa dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi.

12. Staub dan Attner.
Sumber daya insan merupakan sumber daya yang paling penting dari sebuah organisasi, alasannya yaitu insan memperlihatkan bakat, keahlian, pengetahuan, dan pengalaman untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

13. Mathis dan Jackson.
Sumber daya insan yaitu suatu rancangan  banyak sekali sistem formal dalam perusahaan maupun organisasi yang berfungsi untuk menjaga semoga penggunaan talenta dan minat insan sanggup dipakai untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut secara efektif dan efisien.

Selain dari pendapat para jago tersebut, pengertian sumber daya insan juga sanggup dijumpai dalam :

1. Bank Dunia.
Sumber daya insan yaitu sebuah potensi yang harus dikembangkan secara konsisten. Pengembangan sumber daya insan yaitu upaya pengembangan insan yang menyangkut pengembangan acara dalam bidang pendidikan dan latihan, gizi, kesehatan, pengembangan teknologi dan peningkatan kemampuan penelitian.

2. The Chartered Institute of Personnel and Development (CIPD).
Sumber daya insan yaitu taktik perancangan, pelaksanaan,  dan pemeliharaan untuk mengelola insan untuk kinerja perjuangan yang optimal termasuk kebijakan pengembangan dan proses untuk mendukung strategi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yaitu :
  1. Pendidikan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya insan yang baik.
  2. Lingkungan. Lingkungan sangat besar lengan berkuasa dalam membentuk huruf sumber daya manusia.

Fungsi sumber daya manusia yaitu :
  • Sebagai tenaga kerja, meliputi seluruh penduduk yang memeliki usia siap kerja (produkstif).
  • Sebagai tenaga ahli, sesuai dengan bidang dan kemampuannya.
  • Sebagai pemimpin, yaitu insan yang mempunyai kapasitas lebih besar dengan kemampuan dan pengalaman yang mumpuni sanggup berfungsi sebagai pemimpin bagi suatu perusahaan atau organisasi.
  • Sebagai tanaga usahawan, yaitu mereka yang sanggup melakukan pekerjaan yang bekerjasama dengan kemandirian dalam rangka membuat suatu produk gres yang bermanfaat bagi orang banyak maupun lingkungannya.
  • Sebagai pengembang ilmu dan teknologi, insan berperan utama dalam inovasi dan pengembangan ilmu sehingga sanggup dipakai untuk kemajuan dirinya sendiri, lingkungan, dan orang lain termasuk perusahaan atau organisasi.

Sumber daya insan merupakan salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk sanggup meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan atau organisasi.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Sumber Daya Manusia"

Post a Comment