Pengertian Dan Konsep Administrasi Pemasaran

Manajemen sering diartikan sebagai serangkaian proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk mencapai sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan pemasaran sanggup diartikan sebagai suatu kegiatan di dalam perekonomian yang sanggup membantu para pelaku perjuangan untuk membuat nilai ekonomi yang menentukan harga produk barang atau jasa.

Manajemen pemasaran merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menganalisa, merencanakan, melaksanakan, mengimplementasikan, serta mengawasi atau mengendalikan  kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan untuk sanggup mencapai sasaran dan tujuan perusahaan secara lebih efektif dan efisien. Pelaku administrasi di bidang pemasaran yakni seorang manajer pemasaran, yang bertugas mempelajari struktur pembiayaan, sumber keuntungan, sumber daya serta kompetensi, diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integritas vertikal, serta faktor lainnya yang berhubugan dengan kompetitor dalam hubungannya dengan pemasaran.

Pengertian administrasi pemasaran telah banyak dikemukakan oleh para ahli, diantaranya yakni :

1. Buchari Alma.
Manajemen pemasaran yakni merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun penggalan di pemasaran.

2. Winardi.
Manajemen pemasaran yakni proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran suatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran di dalam sistem pemasaran.

3. Sofjan Assauri.
Manajemen pemasaran yakni kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aneka macam kegiatan yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan keuntungan hasil dari transaksi atau pertukaran melalui sarana pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

4. Basu Swastha.
Manajemen pemasaran yakni suatu sistem keseluruhan dari aneka macam kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

5. Dharmmesta dan Handoko.
Manajemen pemasaran yakni salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaanya, berkembang dan mendapat laba. yang dimulai semenjak sebelum memproduksi serta tidak berakhir ketika penjualan.

6. Buchori dan Djaslim.
Manajemen pemasaran yakni proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

7. Lupiyo Adi.
Manajemen pemasaran yakni suatu analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta kontrol program-program yang telah dilaksanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan pada konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama.

8. Suparyanto dan Rosad.
Manajemen pemasaran yakni proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program-program yang meliputi pengkonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi produk, jasa dan gagasan yang dirancang untuk membuat dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

9. Ben M. Eniy.
Manajemen pemasaran yakni proses untuk meningkatkan efisiensi dan efetivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.

10. Philip Kotler.
Manajemen pemasaran yakni kegiatan menganalisa, merencanakan, melaksanakan, serta pengawasan terhadap kegiatan yang mana tujuannya untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

11. Philip William J. Shultz.
Manajemen pemasaran yakni merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun penggalan dari perusahaan.

12. William J. Stanton.
Manajemen pemasaran yakni suatu sistem dari keseluruhan kegiatan  bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi barang atau jasa yang sanggup memuaskan konsumen.

13. John W, Mullins.
Manajemen pemasaran yakni proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide-ide yang dirancang untuk membuat dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

14. Peter R. Dickson.
Manajemen pemasaran yakni aneka macam variasi kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berprilaku.

15. Philip Kotler dan Armstrong.
Manajemen pemasaran adallah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian kegiatan yang didesign untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

16. Boyd, Walker, dan Larreche.
Manajemen pemasaran yakni suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi, serta pengendalian kegiatan pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan wangsit yang sanggup ditawarkan untuk membuat serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

17. Kotler dan Keller.
Manajemen pemasaran yakni :
  • seni dan ilmu menentukan pasar sasaran dan meraih, mempertahankan serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, mengantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
  • suatu proses yang dilakukan untuk menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan program-program yang menguntungkan perusahaan, dan juga sanggup diartikan sebagai ilmu menentukan pangsa pasar agar sanggup membuat nilai pelanggan yang unggul.


18. American Marketing Association.
Manajemen pemasaran yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian operasi pemasarn total, termasuk perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, kegiatan pemasaran dan taktik pemasaran yang ditujukan untuk membuat pertukaran yang sanggup memenuhi tujuan individu maupun organisasi.

Konsep Manajemen Pemasaran. Falsafah dari konsep pemasaran yaitu bertujuan untuk mengatakan kepuasan terhadap impian dan kebutuhan konsumen. Seluruh kegiatan perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhui tujuan tersebut. 
Menurut Willian J. Stanton, konsep pemasaran yakni sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Elemen penting dalam konsep pemasaran yakni :
  • Market oriented, yaitu berorientasi pada impian konsumen. Konsep pemasaran yang paling baik yakni dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Dalam pemasaran, biasanya konsumen dianggap raja dan produsen yakni pelayan yang mengatakan kebutuhan raja.
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu. Pengaturan secara dinamis sebagai bentuk penyusunan aneka macam kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktifitas pemasaran harus disusun secara terperinci, sehingga proses analisis dan pengawasan terhadap hasil pemasaran sanggup dilakukan dengan baik.
  • Pencapaian tingkat kepuasaan konsumen. Elemen paling penting dalam pemasaran yakni kepuasan konsumen, yang tidak hanya diukur dari kualitas produk saja, tetapi juga dari bagaimana strategi  pemasaran yang dilakukan.
Konsep administrasi pada hakekatnya meliputi upaya dan taktik yang ditempuh administrasi dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasaan konsumen.

Sedangkan dalam pelaksanaan kegiatan administrasi pemasaran, terdapat tiga konsep dasar pelaksanaan administrasi pemasaran, yaitu :
  1. Konsep produksi, yang berorienytasi pada produksi untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas, dengan perkiraan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di aneka macam kawasan dan ekonomis.
  2. Konsep produk, beropini bahwa konsumen akan mnenyukai produk yang menunjukkan mutu atau kualitas, performansi yang terbaik.
  3. Konsep penjualan, beropini bahwa suatu organisasi atau sistem administrasi harus melakukan upaya penjualan dan promosi yang garang dalam meraih perhatian konsumen.

Manajemen pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.

Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Konsep Administrasi Pemasaran"

Post a Comment