Jenis, Fungsi, Dan Tujuan Pemasaran

Kegiatan pemasaran adalah keseluruhan aktivitas yang saling berafiliasi sebagai satu sistem, yang mencakup perjuangan perusahaan yang dimulai dengan mengidentifikasikan kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, memilih produk yang hendak diproduksi, memilih harga produksi yang sesuai, memilih cara-cara promosi dan penyaluran atau penjualan produk tersebut.

Semua aktivitas tersebut beroperasi dalam suatu lingkungan yang terus menerus berkembang sebagai konsekuensi sosial dari perusahaan. Bagi aktivitas pemasaran, selain sumber daya dalam perusahaan sendiri dan peraturan perundang-undangan yang ada, yang mengakibatkan batasan sekaligus tantangan ialah perubahan lingkungan. Hal tersebut memaksa perusahaan untuk terus menemukan cara penyelesaian guna mendapat suatu peluang atau kesempatan untuk tetap sanggup membuatkan usahanya.

1. Jenis Pemasaran.
Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi, dunia pemasaranpun mau tidak mau harus ikut menyesuaikan kegiatannya dengan kemajuan yang terjadi. Hal ini bukan berarti harus meninggalkan cara-cara pemasaran konvensional, akan tetapi perusahaan juga harus mempersiapkan dan melengkapi dirinya dengan cara-cara pemasaran yang lebih modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Berikut beberapa jenis pemasaran yang banyak ditemui dalam praktek sehari-hari, diantaranya ialah :
  • Public Relation Marketing. Jenis pemasaran ini banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar. Banyak perusahaan besar yang bekerja sama dengan media untuk mengenalkan produk perusahaan mereka.
  • Relationship Marketing. Jenis pemasaran ini dianggap yang paling efektif dan murah biaya. Hal ini terjadi alasannya ialah kebanyakan pelanggan lebih loyal ketika peluncuran produk baru, perusahaan tidak banyak mengeluarkan dana untuk menggaet konsumen baru.
  • Word of Mouth Marketing. Pemasaran dari verbal ke mulut, maksudnya ialah konsumen mendapatkan  informasi ihwal produk dari konsumen yang lain.
  • Call to Action (CTA). jenis pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan website yang menggunakan text, grafik, dan elemen web yang lainnya. Pemasaran jenis ini membutuhkan keterangan yang sangat spesifik, alasannya ialah pengunjung lebih suka mencari produk berdasarkan keyword atau kata kunci.
  • Cloud Marketing. Jenis pemasaran ini tergolong masih baru, dengan memanfaatkan teknologi digital. Cloud marketing memasukkan semua sumber daya dan asetnya melalaui online.

2. Fungsi Pemasaran.
Ada beberapa fungsi penting pemasaran, diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Analisis konsumen, yaitu pengamatan terhadap segala cita-cita dan kebutuhan konsumen. Kegiatan analisis konsumen merupakan rangkaian aktivitas yang merupakan satu kesatuan dari pengadaan peninjauan terhadap konsumen, menganalisa informasi konsumen, mengevaluasi lokasi, pengembangan, dan penentuan taktik pada segmen pasar secara optimal.
  • Penjualan produk barang atau jasa, dalam hal ini mencakup banyak sekali aktivitas menyerupai promosi penjualan, pengiklanan, administrasi penjualan dan relasi dengan konsumen.
  • Perencaan, merupakan rangkaian aktivitas berkaitan dengan produk barang atau jasa, yang mencakup pengujian produk hingga dengan proses pengemasan produk, dan yang terpenting dalam proses perencanaan ialah uji pasar.
  • Penetapan harga, merupakan hal yang penting dalam pemasaran dan hal-hal yang menghipnotis kepeutusan penetapan harga ialah konsumen, pemasok bahan, distributor, pesaing, dan kebijakan pemerintah.
  • Distribusi, aktivitas ini mencakup pergudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, wilayah penjualan, transportasi, penjualan grosir, ritel, dan lain-lain. 
  • Riset pemasaran, yaitu suatu aktivitas pengelompokan, pencatatan dan penganalisaan suatu informasi yang berurutan berkaitan dengan banyak sekali macam masalah yang berafiliasi dengan pemasaran.
  • Analisis peluang, melibatkan penilaian terhadap terhadap biaya, resiko, dan manfaat yang terkait dengan pemasaran. Cara yang dilakukan untuk melaksanakan analisis peluang, yaitu : menghitung volume total biaya yang terlibat dengan suatu keputusan, memperkirakan manfaat secara total dari keputusan yang dibuat, dan membandingkan total biaya dengan manfaatnya. Jika manfaat yang diinginkan sanggup melewati total biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan menarik.

3. Tujuan Pemasaran.
Menurut Peter Drucker, tujuan pemasaran ialah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehinggan produk atau atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya akan menjual dirinya sendiri. Masih berdasarkan Peter Drucker, idealnya dalam pemasaran menghasilkan seorang pelanggang yang siap untuk membeli.
Selain hal tersebut, terdapat beberapa tujuan lain dari pemasaran, yaitu :
  • Promosi (Memberi Informasi), ialah upaya untuk memberitahukan atau mengatakan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli.
  • Menciptakan pembelian.
  • Menciptakan pembelian ulang.
  • Menciptakan tenaga kerja. Dalam memasarkan barang atau jasa secara tidak langsuung akan tercipta tenaga kerja.
  • Menciptakan produk megabrand. Suatu produk yang sudah dikenal dan mempunyai konsumen setia akan membuat megabrand sehingga produk akan selalu dicari konsumen.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis, Fungsi, Dan Tujuan Pemasaran"

Post a Comment