Pengertian Dan Konsep Taktik Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan suatu bentuk pengambilan keputusan perihal biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam kekerabatan dengan keadaan lingkungan yang diperlukan dan kondisi persaingan. Dalam menentukan dan menetapkan taktik pemasaran yang akan dijalankan suatu perusahaan terlebih dahulu perusahaan harus mengetahui keadaan, situasi dan kondisi pasar serta menilai posisi produk perusahaannya tersebut di pasar. 

Strategi merupakan suatu tindakan yang bersifat incremental (terus meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan dengan berdasarkan sudut pandang perihal apa yang diperlukan oleh para pelanggan di masa depan. Sedangkan pemasaran sanggup diartikan sebagai sekelompok acara yang saling berkaitan yang dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menyebarkan distribusi, promosi, dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan kebutuhan konsumen pada tingkat laba tertentu. Pemasaran merupakan suatu kegiatan dalam perekonomian yang berfungsi membantu menentukan nilai ekonomi barang atau jasa. Beberapa hal yang ikut menentukan nilai harga barang dan jasa ialah produksi, pemasaran, dan konsumsi.  Oleh karenanya, pemasaran sering disebut sebagai penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

Sedangkan pengertian taktik pemasaran berdasarkan para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Tjiptono.
Strategi pemasaran ialah alat mendasar yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan menyebarkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasara yang dimasuki dan jadwal pemasaran yang dipakai untuk melayani pasar sasaran tersebut. 
2. Sofjan Assauri.
Strategi pemasaran ialah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan hukum yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan contoh serta lokasinya, terutama sebagai jawaban perusahaan dalam menghadapai lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.

3. Kurtz.
Strategi pemasaran ialah keseluruhan jadwal perusahaan dalam menentukan sasaran pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix, yaitu produk, distribusi, promosi, dan harga.

4. William J. Staton.
Strategi pemasaran ialah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang mempunyai kekerabatan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga dengan mengiklankan dan menyalurkan barang atau jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan pembeli kasatmata maupun potensial.

5. Philip Kotler.
Strategi pemasaran ialah pola pikir pemasaran yang akan dipakai untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi yentang taktik spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan besarnya pengeluaran pemasaran. 

6. Guiltinan dan Paul.
Strategi pemasaran ialah pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akhir yang diharapakan mencapai usul pada sasaran pasar yag sudah ditentukan.

7. Armstrong dan Kotler.
Strategi pemasaran ialah budi pemasaran di mana unit bisnis berharap untuk membuat nilai dan memperoleh laba dari hubungannya dengan konsumen.

8. Michael Baker.
Strategi pemasaran ialah tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

9. David Aaker.
Strategi pemasaran ialah sebuah proses yang dimulai dengan memindai lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal.

10. Christian Hamburg.
Strategi pemasaran ialah semua upaya baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran, yang berkaitan dengan analisis situasi awal taktik perusahaan.

11. Hausman & Associates.
Strategi pemasaran ialah desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan menawarkan pelanggan kepuasan.

Kepuasan pelanggan/konsumen ialah kunci utama dari konsep dan taktik pemasaran. Dalam setiap perusahaan mempunyai cara yang berbeda dalam melaksanakan kegiatan marketing, tergantung dari karakteristik perusahaan dan hasil yang diproduksinya, juga tergantung pada kemampuan sumber daya perusahaan. Namun begitu, pada prinsipnya tujuan simpulan dari pemasaran ialah tercapainya kepuasan konsumen. Untuk itulah dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, perusahaan selalu punya konsep taktik pemasaran. Konsep taktik pemasaran meliputi :
  • Segmentasi pasar. Perusahaan mesti melaksanakan pembagian terstruktur mengenai pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogin.
  • Market positioning. Perusahaan harus mempunyai pola yang spesifik untuk mendapat posisi berpengaruh dalam pasar, dalam arti perusahaan mesti menentukan segmen yang paling menguntungkan. Segmen pasar menyerupai ini mempunyai empat karakteristik, yaitu : berukuran cukup besar, mempunyai potensi untuk terus berkembang, tidak dipenuhi atau tidak mempunyai saingan, dan mempunyai kebutuhan yang belum terpenuhi.
  • Market entry strategy. Strategi perusahaan untu bisa masuk pada segmen pasar tertentu, contohnya dengan cara membeli perusahaan lain, internal development, atau melaksanakan kolaborasi dengan perusahaan lain.
  • Marketing mix strategy. Kumpulan dari beberapa variabel yang telah dipakai perusahaan untuk mempengaruhi jawaban konsumen. Variabel yang dimaksud, contohnya barang produksi, harga, tempat, promosi, proses, dan lain sebagainya.
  • Timing strategy. Pemilihan waktu yang sempurna dalam melaksanakan pemasaran. Perusahaan harus terlebih dahulu melakukann persiapan-persiapan baik di bidang produksi maupun di bidang pemasaran, gres kemudian perusahaan menentukan kapan waktu yang sempurna untuk peliuncuran produknya.

Sedangkan berdasarkan Jurini dan Basu Swastha, setiap perusahaan menjalankan taktik pemasaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Ada tiga tahap yang ditempuh perusahaan untuk menetapkan taktik pemasaran, yaitu :
  • memilih konsumen yang dituju.
  • mengidentifikasi harapan konsumen.
  • menentukan bauran pemasaraan.

Menurut Corey, taktik pemasaran terdiri atas beberapa unsur/elemen, yaitu :

  • Pemilihan pasar, yaitu menentukan pasar yang akan dilayani.
  • Persepsi terhadap fungsi produk.
  • Keterbatasan sumber daya internasl yang mendorong perlunya pemusatan yang lebih sempit.
  • Pengalaman kumulatif yang didasarkan pada trial and error dalam menanggapi peluang dan tantangan.
  • Kemampuan khusus yang berasal dari sumber daya.
  • Perencanaan produk.
  • Penetapan harga, yaitu menentukan harga yang dpaat mencerminkan nilai kuantitatif dari produk kepada pelanggan.
  • Sistem distribusi, yaitu terusan pemasaran dari grosir dan pengecer hingga hingga pada konsumen simpulan yang membeli dan menggunakannya.
  • Promosi, yang mencakup periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan lain-lain.


Sedangkan taktik pemasaran sanggup dikelompokkan menjadi sebagai beikut :
1. Strategi kebutuhan primer.
Strategi untuk merancang kebutuhan primer ditujukan untuk :
  • menambah jumlah pengguna.
  • meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi kubutuhan selektif.
Strategi kebutuhan selektif bisa dilakukan dengan cara :
a. Mempertahankan jumlah pelanggan, yaitu dengan :
  • memelihara kepuasan pelanggan.
  • menyederhanakan proses pembelian.
  • mengurangi daya tarik atau jelang untuk peralihan merek.
b. Menjaring pelanggan, yaitu dengan :
  • mengambil posisi berbeda.

Strategi pemasaran sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau perjuangan pemasaran dari perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah semoga sanggup mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam taktik pemasaran tersebut ialah siklus daur hidup produk yang terdiri beberapa tahapan, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, serta tahap kemunduran. Faktor penyebab lainnya ialah tingkat persaingan perusahaan di pasar.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Konsep Taktik Pemasaran"

Post a Comment