Fungsi Dan Tujuan Dari Taktik Pemasaran

Strategi pemasaran sebagai dasar tindakan yang mengarah pada acara atau perjuangan pemasaran dari perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah biar sanggup mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan mengetahui keadaan, situasi, dan posisi produk perusahaan di pasar, perusahaan akan sanggup memilih acara pemasaran menyerupai apa yang harus dilakukan.

Kondisi persaingan antar perusahaan bisa mencakup :
  • dominasi, maksudnya perusahaan mesti mempunyai banyak pilihan dalam memilih seni administrasi pemasaran, dengan begitu perusahaan akan bisa mengendalikan para pesaingnya.
  • kuat, maksudnya perusahaan tidak terpengaruh dan tertekan dengan acara para pesaingnya, perusahaan harus bisa bergerak bebas dalam melaksanakan kegiatannya, dengan tetap memperhatikan kepentingan jangka penjang perusahaan.
  • baik, maksudnya kekuatan yang dimiliki perusahaan sanggup dimanfaatkan dalam seni administrasi tertentu untuk membuka peluang yang lebih luas sekaligus juga untuk meningkatkan posisi perusahaan.
  • sedang, maksudnya perusahaan sering kalah dengan perusahan pesaing, meskipun perusahaan cukup mempunyai prestasi yang memuaskan, sedangkan untuk meningkatkan prestasinya perusahaan mempunyai peluang yang kurang dari rata-rata industri.
  • lemah, maksudnya perusahaan harus mengubah dirinya kalau tidak mau terlempar dari persaingan, hal ini dilakukan alasannya prestasi perusahaan yang tidak memuaskan tapi perusahaan masih punya peluang untuk tetap bangkit dan berkembang.
  • tidak ada harapan, maksudnya perusahaan mempunyai prestasi sangat tidak memuaskan serta tidak mempunyai peluang untuk perbaikan.

Setiap perusahaan mesti sanggup melihat posisinya menyerupai apa dalam persaingan pasar. Hal ini penting alasannya dengan mengetahui hal tersebut, maka akan memudahkan perusahaan dalam menyusun dan merencanakan seni administrasi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan suatu bentuk pengambilan keputusan ihwal biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam relasi dengan keadaan lingkungan yang diharapkan guna kepentingan kepuasan pelanggan/konsumen.

Setiap perusahaan mempunyai seni administrasi yang berbeda-beda dalam memasarkan produk perusahaannya. Strategi pemasaran yang terfokus, efektif dan efisien akan memilih perkembangan dan kemajuan dari perusahaan. Oleh alasannya itulah seni administrasi pemasaran sangat penting buat perusahaan.

Fungsi seni administrasi pemasaran yaitu sebagai berikut :

1. Meningkatkan motivasi untuk melihat dan merencanakan masa depan.
Strategi pemasaran memaksa  administrasi perusahaan untuk berfikir di luar kebiasaan, maksudnya tidak hanya fokus pada pemasaran, tapi juga memikirkan faktor-faktor lain yang mendukung dan mempengaruhi pemasaran produk suatu perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga riteme dan kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen tidak harus selalu berpikir searah dan mengikuti ritme dan perkembangan pasar, akan tetapi juga mesti bisa berpikir inovatif untuk menghasilkan sesuatu yang gres yang sanggup dipakai untuk menarik pangsa pasar.

2. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah.
Hal ini merupakan fungsi penting dari seni administrasi pemasaran. Bagaimana cara mengkoordinasi pemasaran masing-masing perusahaan mempunayi cara yang berbeda. Namun dengan adanya seni administrasi pemasaran, maka arah dan jalannya perusahaan sanggup diatur sedemikian rupa, sehingga menciptakan kerja tim koordinasi dalam memilih dan menetapkan seni administrasi pemasaran  akan menjadi jauh lebih baik dan terarah.

3. Dapat merumuskan tujuan perusahaan.
Setiap perusahaan niscaya mempunyai rumusan tujuan yang hendak dicapai dan bagaimana langkah-langkah untuk mencapai tujuan itu. Strategi pemasaran yang efektif dan efisien akan membantu perusahaan (pelaku usaha) untuk bisa lebih memperinci tujuan apa saja yang hendak dicapai, baik itu berupa tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Pengawasan acara pemasaran.
Dengan adanya seni administrasi pemasaran, maka perusahaan akan mempunyai standar tersendiri untuk menilai prestasi kerja dari para anggotanya. Dengan adanya standar perusahaan tersebut, maka akan memudahkan perusahaan untuk melaksanakan pengawasan dan lebih memperhatikan terhadap acara para anggotanya sehingga mendapat mutu dan kualitas kerja yang terjamin.

Sedangkan seni administrasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan  dalam memasarkan hasil produksinya, intinya mempunyai empat tujuan utama. Empat tujuan seni administrasi pemasaran tersebut yaitu :
  1. Meningkatkan kualitas koordinasi  antar individu dalam tim pemasaran.
  2. Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan.
  3. Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan pemasaran.
  4. Meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Sofjan Assauri  menyatakan, bahwa ada tiga jenis seni administrasi pemasaran yang bisa dilakukan oleh perusahaan, yaitu :
  1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar. Strategi ini menganggap pasar sebagai keseluruhan, perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum.
  2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar. Strategi ini hanya melayani kebutuhan beberapa kelompok tertentu dan hanya dengan satu jenis produk tertentu juga. Hal ini dilakukan untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu pada suatu produk yang bervariasi sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.
  3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi. Strategi ini mengkhususkan pemasaran produk ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Keuntungan dari seni administrasi pemasaran yang terkonsentrasi yaitu perusahaan akan mendapat posisi yang berpengaruh pada segmen pasar yang dipilih. Sedangkan kelemahannya yaitu produsen harus waspada terhadap resiko besar kalau hanya tergantgung pada satu atau beberapa segmen pasar saja.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Dan Tujuan Dari Taktik Pemasaran"

Post a Comment