Pengertian, Kegiatan, Motif, Dan Prinsip Ekonomi

Ekonomi merupakan segala upaya dan daya insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya  guna mencapai suatu tingkat kemakmuran. Manusia dalam memenuhi kebutuhannya tersebut, sanggup melakukannya dengan memanfaatkan sumber daya tertentu yang diolah untuk menjadi suatu barang dan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu  Oikos dan Nomos. Oikos berarti keluarga atau rumah tangga, dan Nomos berarti hukum atau peraturan. Sehingga dari asal istilah tersebut, ekonomi sanggup diartikan sebagai hukum rumah tangga atau administrasi rumah tangga.

Dalam perjuangan memenuhi kebutuhan hidupnya, seringkali insan berhadapan dengan permasalahan ekonomi. Satu dari banyak hal perihal persoalan ekonomi yaitu tida

Pengertian Ekonomi. Para mahir merumuskan pengertian ekonomi sebagai berikut :

1. Hermawan Kertajaya.
Ekonomi yaitu suatu wadah di mana sektor industri sedang menempel diatasnya.

2. Khursid Ahmad.
Ekonomi yaitu suatu perjuangan yang mensistematiskan dan memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam sikap insan dengan permasalahan tersebut. 

3. Adam Smith.
Ekonomi yaitu penyelidikan perihal keadaan dan alasannya yaitu adanya kekayaan suatu negara.

4. Abraham Maslow.
Ekonomi yaitu salah satu dari bidang pengkajian di mana mencoba menuntaskan persoalan keperluan insan melalui banyak sekali sumber ekonomi yang ada dengan didasarkan pada prinsip dan teori tertentu di dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efisien dan efektif.

5. Paul Anthony Samuelson.
Ekonomi yaitu cara-cara yang dilakukan oleh individu atau insan dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas atau langka untuk memperoleh banyak sekali barang produksi dan mendistribusikannya kepada masyarakat.

Kegiatan Ekonomi. Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh insan dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kaprikornus tujuan kegiatan ekonomi yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan hidup manusia, yang meliputi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
Dalam rangka untuk memenuhi tujuan dari kegiatan ekonomi tersebut, insan melaksanakan banyak sekali hal dan banyak sekali kegiatan, yaitu memproduksi barang, mengirimkan barang, sampai menggunakan produk barang atau jasa tersebut. Ketiga kegiatan tersebut di atas merupakan jenis kegiatan ekonomi, yaitu : 

1. Kegiatan Produksi
Pelaku kegiatan produksi disebut dengan produsen, yaitu orang atau tubuh perjuangan atau perusahaan yang melaksanakan kegiatan produksi. Kegiatan produksi yaitu suatu acara atau pekerjaan yang sanggup menghasilkan suatu produk, baik barang atau jasa. Kegiatan produksi dilakukan dengan tujuan :
  • menghasilkan barang dan jasa.
  • menaikkan manfaat dari barang dan jasa.
  • mendapatkan laba dari barang atau jasa yang dihasilkan.
Barang atau jasa yang dihasilkan melalui kegiatan produksi tersebut, nantinya akan didistribusikan untuk mencukupi kebutuhan konsumen. 

2. Kegiatan Distribusi.
Pelaku kegiatan distribusi disebut dengan distributor, yaitu orang atau tubuh perjuangan atau perusahaan yang melaksanakan kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi yaitu kegiatan menyalurkan suatu produk, baik barang atau jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar luas ke masyarakat yang membutuhkannya.  
Dalam perekonomian, kegiatan distribusi sangat dibutuhkan, tidak hanya kegiatan mengantar barang dari produsen ke konsumen, akan tetapi kegiatan distribusi juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa barang hasil produksi ada pada ketika diharapkan oleh konsumen. 
Kegiatan distribusi merupakan satu  kesatuan dari banyak sekali mata rantai kegiatan, seperti  kegiatan pengangkutan, pengepakan, penyimpanan barang di gudang, dan lain-lain yang berkaitan dengan distribusi. Tujuan dari kegiatan distribusi untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan memastikan produk diterima oleh konsumen dengan baik.

3. Kegiatan Konsumsi.
Pelaku kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen, yaitu orang atau tubuh perjuangan atau perusahaan yang melaksanakan kegiatan konsumsi, misalnya :
  • rumah tangga keluarga.
  • pemerintah.
  • perusahaan atau industri.
Kegiatan konsumsi yaitu satu kegiatan untuk menggunakan atau mengurangi nilai manfaat barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen. Tujuan dari kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Motif Ekonomi. Motif ekonomi yaitu motivasi atau alasan yang mendorong seseorang untuk melaksanakan tindakan ekonomi. Motif ekonomi dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :
  • motif instrinsik, yaitu sesuatu dorongan dari dalam diri insan untuk melaksanakan suatu tindakan ekonomi.
  • motif ekstrinsik, yaitu suatu dorongan dari luar diri manusia, menyerupai lingkungan atau orang lain, untuk melaksanakan suatu tindakan ekonomi.
Tujuan simpulan dari motif ekonomi yaitu untuk mencapai kemakmuran atau memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada umumnya orang melaksanakan tindakan ekonomi lantaran dorongan atau memiliki motif yang spesifik, diantaranya yaitu :
  • untuk meningkatkan kemakmuran hidupnya.
  • untuk memperoleh penghargaan atau apresiasi dari masyarakat.
  • untuk meraih kekuasaan dalam masyarakat.
  • mencoba hal-hal yang sifatnya lebih ke arah sosial.

Prinsip Ekonomi. Prinsip ekonomi yaitu suatu aliran untuk melaksanakan tindakan ekonomi yang di dalamnya terkandung asas : dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang semaksimal mungkin. Ciri-ciri prinsip ekonomi adalah :
  • bertindak rasional, maksudnya semua tindakan yang dilakukan harus menurut logika yang sehat tidak menurut emosi.
  • bertindak ekonomis, maksudnya dalam melaksanakan sesuatu harus dengan perhitungan dan perencanaan yang cerat.
  • bertindak hemat, maksudnya kegiatan ekonomi yang dilakukan harus sesuai kebutuhannya, tidak melaksanakan pemborosan.
  • membuat skala prioritas, maksudnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya seseotrag mesti menciptakan urut-urutan kebutuhan mana dulu yang harus dipenuhi.
  • bertindak dengan menggunakan prinsip cost and benefit, maksudnya dalam melaksanakan kegiatan selalu memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dan manfaat yang diterima dari kegiatan yang dilakukan.

Tujuan dari prinsip ekonomi yaitu :
  • mendapatkan laba yang semaksimal mungkin.
  • memperkecil adalany kerugian jawaban dari kesalahan-kesalahan tertentu, baik dalam kegiatan produksi maupun dalam kegiatan distribusi.
  • menekan atau hemat biaya.
  • memaksimalkan kemampuan dan modal yang dimiliki.

Dalam perekonomian dikenal adanya beberapa prinsip ekonomi, diantaranya yaitu :
  • Prinsip produksi. Dalam prinsip ini, perekonomian berperan dalam proses penghasilan suatu produk barang atau jasa. Proses produksi tersebut membutuhkan biaya secara materiil maupun moril.
  • Prinsip distribusi. Merupakan acara penyaluran suatu produk kepada para konsumen, dengan perhitungan waktu yang baik, sehingga suatu produk nyampai ke daerah penjual dengan waktu yang tepat.
  • Prinsip konsumsi. Prinsip ini merupakan acara pemakaian atau penggunaan suatu  produk untuk memenuhi kebutuhannya.

Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Kegiatan, Motif, Dan Prinsip Ekonomi"

Post a Comment