Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan tata cara bagaimana suatu penelitian akan dilaksanakan. Metode penelitian berfungsi untuk memudahkan para peneliti dalam menemukan data yang valid dengan cara yang sudah tersusun berdasarkan urutan yang sudah dibentuk sebelumnya. 

Istilah metode penelitian, terdiri dari dua kata yaitu 'metode' dan 'penelitian'. Kata 'metode' berasal dari bahasa Yunani, yaitu methodos yang berarti cara atau menuju suatu jalan. Sedangkan pengertian metode berdasarkan pendapat para hebat adalah sebagai berikut :
  • Rosdy Ruslan, mendefinisikan metode sebagai acara ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subyek atau obyek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan balasan yang sanggup dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya. 
  • Agus M. Hardjana, mendefinisikan metode sebagai cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
  • Rotwell dan Kazanas, mendefinisikan  metode sebagai cara, pendekatan, atau proses untuk memberikan informasi.
  • Hebert Bisno, mendefinisikan metode sebagai teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik supaya sanggup diterima atau dipakai secara sama dalam suatu disiplin, praktek, atau bidang disiplin dan praktek.
Sedangkan kata 'penelitian' mengandung arti suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Selain arti tersebut, banyak hebat yang mengutarakan pendapatnya perihal apa yang dimaksud dengan penelitian, dua pendapat diantara banyak pendapat hebat perihal penelitian ialah :
  1. Soerjono Soekamto, mendefinisikan penelitian sebagai suatu acara ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis serta konstruksi yang dilakukan dengan secara sistematis, metodologis, dan juga konsisten secara bertujuan untuk sanggup mengungkapkan kebenaran ialah sebagai salah satu menifestasi keiingan insan untuk sanggup mengetahui mengenai apa yang sedang dihadapinya.
  2. Sutrisno Hadi, mendefinisikan penelitian sebagai perjuangan untuk di dalam menemukan segala sesuatu untuk dpat mengisi kekosongan atau kekurangan yang ada, dan menggali lebih mendalam apa yang sudah ada, membuatkan serta memperluas, dan juga menguji kebenaran dari apa yang sudah ada namun kebenarannya itu masih diragukan.

Sedangkan 'metode penelitian' sendiri secara umum diartikan sebagai suatu cara tertentu yang dipilih secara spesifik untuk memecahkan problem yang diajukan dalam sebuah penelitian. Selain itu, masih banyak lagi pengertian dari metode penelitian yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Nazir.
Metode penelitian ialah cara utama yang dipakai peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan balasan atas problem yang diajukan.

2. Winarno.
Metode penelitian ialah suatu acara ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang teliti dan sistematik.

3. Sugiyono.
Metode penelitian ialah cara ilmiah untuk mendapat data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

4. Pasaribu Simanjuntak.
Metode penelitian ialah suatu cara yang sistematik yang ditujukan untuk menjawab tujuan dari penelitian.

5. Muhiddin Sirat.
Metode penelitian ialah suatu cara dalam menentukan dan menentukan judul dan tujuan penelitian.

6. Arikunto.
Metode penelitian ialah cara yang dipakai oleh peneliti dalam pengumpulan data penelitiannya.

7. Parson.
Metode penelitian ialah pencarian atas suatu secara sistematis dengan pementingan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang sanggup dipecahkan.

8. Woody.
Metode penelitian ialah sebuah metode untuk menemukan kebenaran yang juga merupakan sebuah fatwa kritis.

9. Macquarie.
Metode penelitian ialah cara-cara dalam mengerjakan sesuatu untuk menjawab rencana yang telah ditentukan.

10. Fellin, Tripodi, dan Meyer.
Metode penelitian ialah sebuah cara yang sistematik dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi, dan membuatkan pengetahuan yang sanggup disampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain.

Terkadang orang sulit membedakan atau bahkan menganggap sama antara metode penelitian, mekanisme penelitian, dan teknik penelitian. Padahal ketiga hal tersebut merupakan hal yang berbeda :
  • metode penelitian, membicarakan perihal tata cara pelaksanaan penelitian atau membicarakan perihal mekanisme dan teknik penelitian. 
  • prosedur penelitian, membicarakan perihal alat-alat yang dipakai dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian. 
  • teknik penelitian, membicarakan perihal cara yang dipakai dalam penelitian.

Menurut Nazir, seorang peneliti mesti sanggup menjawab tiga pertanyaan dasar sebelum melaksanakan penelitian, yaitu :
  1. Urutan kerja apakah yang harus dilakukan dalam melaksanakan penelitian ?
  2. Alat-alat apa sajakah yang akan dipakai dalam mengukur atau mengumpulkan data ?
  3. Bagaimana melaksanakan penelitian tersebut ?

Ada banyak jenis dan tipe metode penelitian, tapi McMillan dan Schumacher mengelompokkannya dalam dua tipe besar yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Metode Penelitian"

Post a Comment