Pengertian Metodologi Penelitian

Pengertian metodologi berbeda dengan metode. Metode merupakan suatu cara atau jalan, petunjuk pelaksanaan atau petunjuk teknis. Sedangkan metodologi sanggup dikatakan sebagai science of method, yaitu ilmu yang membicarakan perihal cara atau petunjuk simpel dalam suatu penelitian.

Metodologi merupakan suatu analisis teoritis perihal sebuah metode atau cara. Sedangkan penelitian merupakan sebuah perjuangan yang terorganisasi dan sistematis untuk memeriksa duduk masalah tertentu yang membutuhkan jawaban. Penelitian juga merupakan sebuah penyajian yang sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengetahuan. Sehingga, metodologi penelitian secara umum sanggup diartikan sebagai sekumpulan peraturan, kegiatan. dan mekanisme yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu.

Kata 'metodologi' berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'metodos' dan 'logos'. Kata metodos sendiri berasal dari dua kata, yaitu 'metha' yang berarti melewati atau melalui, dan 'hosos' yang berarti cara atau jalan. Sehingga 'metodos' atau metode mempunyai arti suatu cara atau jalan. Sedangkan kata 'logos' berati ilmu pengetahuan. Jadi, metodologi mengandung arti ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal cara atau jalan untuk mencapai tujuan tertentu, atau dengan kata lain dikatakan bahwa metodologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal metode-metode. Sedangkan berdasarkan Suparlan Supartono, yang dimaksud dengan metodologi ialah :
  • pengkajian mengenai bentuk dan model metode, hukum yang digunakan dalam acara ilmu pengetahuan. Kaprikornus metodologi bersifat umum, sedangkan metode bersifat khusus.

Sedangkan pengertian metodologi penelitian berdasarkan para ahli, diantaranya ialah :

1. J. Suprapto, MA.
Metodologi penelitian ialah penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, serta sistematis.

2. Sutrisno Hadi, MA.
Metodologi penelitian ialah perjuangan untuk menemukan, membuatkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

3. Mohammad Ali.
Metodologi penelitian adalah  cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan yang muncul sehubungan dengan duduk masalah yang ingin diteliti, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahan yang kontibel.

4. Gie.
Metodologi penelitian ialah upaya memunculkan kerangka konseptual maupun operasional.

5. David H. Perry.
Metodologi penelitian ialah aliran yang sistematis mengenai  banyak sekali jenis duduk masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.

6. Mouton
Metodologi penelitian ialah tata cara atau metode untuk melaksanakan sesuatu.

7. Bakker
Metodologi penelitian ialah cara-cara yang mengatur mekanisme penelitian ilmiah pada umumnya, sekaligus pelaksanaannya terhadap masing-masing bidang keilmuan secara khusus.

8. Tuckman
Metodeologi penelitian ialah mekanisme ilmiah yang di dalamnya termask pembentukan konsep, preposisi, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri.

9. Burns dan Grove
Metodologi penelitian ialah sebuah desain penelitian yang terdiri dari setting, tata cara, sampel, pembatasan, dan kumpulan data yang hendak di analisis dalam sebuah kajian.

10. Polit dan Hungler
Metodologi penelitian ialah hal-hal yang berkaitan dengan cara pemerolehan data, penyususnan, dan analisisnya.

Suatu penelitian mempunyai kegunaan untuk memahami masalah, memecahkan masalah, dan mengantisipasi masalah.
  • Memahami masalah, sanggup berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperjelas suatu duduk masalah atau gosip yang tidak diketahui dan selanjutnya diketahui.
  • Memecahkan masalah, sanggup berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk meminimalkan atau menghilangkan masalah.
  • Mengantisipasi masalah, sanggup berarti bahwa data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk mengupayakan semoga duduk masalah tersebut tidak terjadi.

sedangkan metodologi penelitian bermanfaat untuk:
  • memudahkan peneliti dalam menuntaskan pekerjaan penelitiannya, mulai dari awal penelitian hingga dengan pengambilan kesimpulan.
  • membantu peneliti untuk mengatasi banyak sekali permasalahan yang meuncul dalam penelitian, menyerupai keterbatasan waktu, biaya, dan lain sebagaianya.
  • hasil yang dicapai dalam penelitian (kesimpulan-kesimpulan, teori-teori) sanggup mendapatkan amanah dan sanggup digunakan untuk memecahkan masalah.

Ilmu terdiri dari 4 prinsip utama, yaitu :
  • orde (keteraturan). 
  • determinisme (sebab musabab). 
  • parsimoni (kesederhanaan). 
  • empirisme (pengalaman yang sanggup diamati). 
Dengan prinsip tersebut maka akan banyak jalan kebenaran yang sanggup dicari dan ditemukan. Akan banyak jalan kebenaran yang sanggup ditempuh. Dan metodologi penelitian adalaah sebuah tata cara yang memilih proses penelusuran mana yang akan digunakan.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Metodologi Penelitian"

Post a Comment